KALUGE, Agapitus H. and FERNANDEZ, Aloysius Joakim (2020) Pengaruh Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA. ASIMTOT: JURNAL KEPENDIDIKAN MATEMATIKA, 2 (2). pp. 153-159. ISSN 2685-9580
|
Text
PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP.pdf Restricted to Repository staff only Download (634kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan minat belajar siswa SMA. Jenis dari penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi berganda. Sampel dalam penelitian ini kelas XI IIS yang berjumlah 34 orang yang dipilih secara acak. Jenis datanya yaitu data primer. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes prestasi belajar matematika. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil uji parsial pada kemandirian belajar menunjukkan bahwa sehingga kemandirian belajar mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar matematika dan pada minat belajar diperoleh sehingga ada pengaruh yang tidak signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Selanjutnya, pada uji secara simultan menunjukkan bahwa maka terdapat pengaruh simultan pada kemandirian belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kemandirian belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kemandirian belajar, minat belajar, prestasi belajar matematika |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Damianus Dami |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 02:53 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 02:53 |
| URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/20418 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
