Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa SMP Kelas VIII

DJONG, Kristoforus Djawa and LAKAPU, Meryani (2019) Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa SMP Kelas VIII. ASIMTOT: JURNAL KEPENDIDIKAN MATEMATIKA, 1 (1). pp. 13-17. ISSN 2685-9580

[img] Text
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP KELAS VIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
Official URL: https://journal.unwira.ac.id/index.php/ASIMTOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknyanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa SMP kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 2 Kota Kupang dan sampel penelitiannya yaitu siswa kelas VIII D dengan teknik pengambilan sampel ialah simple ramdom sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes prestasi belajar matematika. Analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu program SPSS 16.0 for windows. Dari hasil analisis, berdasarkan uji normalitas, liniaritas, signifikansi, kecerdasan emosional mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar matematika dan di peroleh persamaan regresi Y = 1,737X - 41,796 dan nilai t_hitung= 4,953 > 2, 052 = ttabel maka, tolak H0artinya ada pengaruh secara signifikan kecerdasan emosionalterhadap prestasi belajar.Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa Ada pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Kota Kupang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Damianus Dami
Date Deposited: 15 Oct 2025 07:16
Last Modified: 15 Oct 2025 07:16
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/20510

Actions (login required)

View Item View Item