Pengaruh Kepemimpinan Pelayan, Budaya Sekolah, Disiplin Guru dan Implementasi Platform Merdeka Mengajar terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Penggerak

RUMINAH, Ruminah and LETON, Samuel Igo (2024) Pengaruh Kepemimpinan Pelayan, Budaya Sekolah, Disiplin Guru dan Implementasi Platform Merdeka Mengajar terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Penggerak. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7 (4). pp. 3979-3991. ISSN 2614-8854

[img] Text
Pengaruh Kepemimpinan Pelayan, Budaya Sekolah, Disiplin Guru dan Implementasi Platform Merdeka Mengajar terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Penggerak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
Official URL: https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh dari variabel- variabel yang telah disebutkan terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Penggerak Angkatan Ke-1 di Kota Kupang. Metode uji statistik dengan bantuan perangkat lunak SPSS for Windows digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh, dengan tingkat signifikansi yang ditetapkan pada 0,05. Hasil uji statistik adalah sebagai berikut 1) Capaian Indikator variabel Kepemimpinan Pelayan, Budaya Sekolah, Disiplin Guru, Implementasi Platform Merdeka Mengajar, dan Kinerja Guru Sekolah Dasar Penggerak Angkatan Ke1 di Kota Kupang mencapai 86,62%, kategori “Sangat Baik”. 2) Pengaruh Kepemimpinan Pelayan terhadap Kinerja Guru menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, lebih kecil dari tingkat alpha yang ditetapkan (0,05). 3) Pengaruh Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,082, lebih besar dari tingkat alpha yang ditetapkan (0,05). 4) Pengaruh Disiplin guru terhadap Kinerja Guru menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,055, lebih besar dari tingkat alpha yang ditetapkan (0,05). 5) Pengaruh Implementasi Platform Merdeka Mengajar terhadap Kinerja Guru menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, lebih kecil dari tingkat alpha yang ditetapkan (0,05). 6) Signifikansi untuk pengaruh Pemimpin pelayan (X1), budaya sekolah (X2), disiplin guru (X3), dan implementasi platform merdeka mengajar (X4) adalah 0,000 < 0,05. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman faktor-faktor yang memengaruhi kinerja guru sekolah dasar, membantu pengambilan keputusan bagi pihak sekolah, dan memberikan arahan kebijakan pendidikan yang lebih efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Pelayan; Budaya Sekolah; Disiplin Guru; Platform Merdeka Mengajar
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > J General legislative and executive papers
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: Damianus Dami
Date Deposited: 15 Oct 2025 07:47
Last Modified: 15 Oct 2025 07:47
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/20518

Actions (login required)

View Item View Item