SAKU BOUK, Hendrikus (2024) Sosialisasi Penggunaan, Manfaat dan Bahaya Media Digital Handphone pada Anak SMPN 2 Nagawutung Kabupaten Lembata. ASPIRASI: Publikasi Hasil Pengabdian dan Kegiatan Masyarakat, 2 (6). pp. 261-266. ISSN 3025-7492
![]() |
Text
Sosialisasi Penggunaan, Manfaat dan Bahaya Media Digital Handphone pada Anak SMPN 2 Nagawutung Kabupaten Lembata.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini menjadikan media digital sebagai kebutuhan yang sering kali menimbulkan ketergantungan, terutama di kalangan remaja. Siswa sekolah menengah pertama (SMP) membutuhkan bimbingan dalam penggunaan teknologi agar dapat mengakses media sosial dengan bijak, demi membentuk karakter yang positif. Mahasiswa KKN-T UNWIRA Kupang melakukan pengabdian melalui observasi dan kunjungan ke SMPN 2 Nagawutung, yang mengungkapkan bahwa banyak siswa menggunakan handphone secara tidak tepat, mengakibatkan penurunana minat dan bakat. Metodelogi pengabdian meliputi pembinaan, pelatihan, dan sosialisasi untuk mengedukasi siswa tentang penggunaan media digital yang baik. Meskipun media sosial menawarkan banyak manfaat, seperti akses informasi yang luas dan sarana Pendidikan, penyalahgunaan dapat berakibat negatif, termasuk kecanduaan dan penyebaraan berita hoax. Oleh karena itu edukasi, sosialisasi dan pendampingan dalam penggunaan media digital sangat penting bagi perkembangan anak.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Edukasi dan Sosialisasi Media Digital, Penggunaan media digital, remaja, pembinaan karakter |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Vinsensius Nensi |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 07:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 07:13 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/20591 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |