KLAU SERAN, Yasintus (2025) Perencanaan Ulang Perkerasan Lentur (Flexsibel Pavement) Pada Ruas Jalan Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang (Sta 0+450 – Sta 1+850). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (860kB) |
|
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (186kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (366kB) |
Abstract
Jalan merupakan infrastruktur penting dalam menunjang kelancaran mobilitas masyarakat dan distribusi logistik. Seiring dengan meningkatnya volume kendaraan dan berjalannya waktu, kondisi ruas Jalan Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang mengalami penurunan kualitas perkerasan, ditandai dengan jenis kerusakan, jalan retak, jalan berlubang. Hal ini mendorong perlunya perencanaan ulang struktur perkerasan lentur, agar mampu menopang beban lalu lintas dengan baik dan memperpanjang umur layan jalan. Penelitian ini bertujuan Untuk menghitung nilai CBR pada rusa jalan Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang. Untuk menghitung karakteristik volume lalu lintas pada ruas jalan Noelbaki Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang. Untuk mendesain perkerasan lentur pada ruas jalan Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang Metode Penelitian yang digunakan MDPJ 2024 mencakup Data sekunder: Peta Lokasi, dan Data Primer: Data LHR, Data CBR, Data Inventori Jala. Pengolahan data, Data LHR untuk menghitung Nilai CESA, Data CBR untuk menghitung Nilai CBR Desain, Data Inventori Jalan untuk Geometrik, dari perhitungan CESA, CBR Desain, Geometrik di Peroleh Tebal Perkerasan Jalan. Dari pengolahan data sekunder dan data primer dan analisis data di peroleh Desain Tebal Perkerasan Jalan. Berdasarkan hasil pengujian DCP, pengolahan data dan analisis data , diperoleh nilai CBR Desain sebesar 4,3%, Nilai CESA UR 20 Tahun 2,33 x 106, Nilai CESA UR 40 Tahun 1,33 x 106, yang kemudian menjadi dasar dalam menentukan tebal setiap lapisan perkerasan. struktur perkerasan lentur yang terdiri dari: HRS-WC setebal 5 cm, LFA Kelas A setebal 15 cm, LFA Kelas B setebal 15 cm, dan Timbunan pilihan setebal 20 cm. Perencanaan ulang ini diharapkan mampu meningkatkan daya tahan struktur jalan terhadap beban lalu lintas serta meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Perencanaan, ulang, perkerasan, lentur, MDPJ 2024 |
| Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
| Depositing User: | Yasintus klau seran |
| Date Deposited: | 18 Sep 2025 04:10 |
| Last Modified: | 18 Sep 2025 04:10 |
| URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/21286 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
