Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Prestasi Belajar Matematis Siswa SMP

HABU, Maria Emerensiana (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Prestasi Belajar Matematis Siswa SMP. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Prestasi Belajar siswa kelas VIII SMP N 3 Kupang Tengah Satu Atap. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data nilai pretest dan posttest kelas eksperimen dengan model pembelajaran Think Pair Share. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan program SPSS versi 22. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji hipotesis untuk data pretest dan posttest. Dari hasil analisis uji normalitas kelas eksperimen untuk data pretest diperoleh nilai Asymp.Sig.(2-Tailed) = 0,116>0,05 dan Dhitung= 0,154. Hal ini mennjukan bahwa, nilai Asymp.Sig.(2-Tailed) = 0,116>0,05 dan Dhitung= 0,154 Dtabel = 0,259 maka H0 diterima dan Ha ditolak artinya data tersebut berdistribusi normal. Sedangkan data posttest diperoleh nilai Asymp.Sig. (2-tailed) = 0,071 > 0,05 dan nilai Dhitung= 0,164 < Dtabel = 0,259 H0 diterima dan Ha ditolak artinya data tersebut berdistribusi normal. Pengujian hipotesis menggunakan One Sample Kolmogorov – Simornov Test, setelah data dianalisis diperoleh nilai Sig.(2-Tiled) = 0,000. Sedangkan thitung= 13.248 dengan df = n – 1, diperoleh df = 25 dengan taraf signifikan = 2.060 diperoleh ttabel = 0,259. Karena nilai Sig.(2-Tiled) =0,000 < 0,05 dan thitung 0,154 < 0,259 = ttabel, maka berdasarkan syarat uji t dan criteria penerimaan dan penolakan H0 pada BAB III dengan taraf signifikan 5% maka H0 ditolak atau Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share dalam pembelajaran terhadap Prestasi Belajar matematika Siswa kelas VIII SMP N 3 Kupang Tengah Tahun Ajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Think Pair Share berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP. Oleh karena itu, penulis menyarankan bagi para guru agar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada pembelajaran di kelas sesuai dengan materi yang akan diajarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 11 Mar 2020 01:36
Last Modified: 11 Mar 2020 01:36
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2141

Actions (login required)

View Item View Item