TAMELAB, Yeni Hodesi (2016) Penerapan Pendekatan Kontekstual Materi Pokok Tekanan Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Ganjil SMPN 3 Kupang Barat Tahun Ajaran 2016/2017. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.
Text
1 Abstrak daftar isi.pdf Download (276kB) |
|
Text
2.Bab 1.pdf Download (117kB) |
|
Text
3.BAB II.pdf Download (905kB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Download (398kB) |
|
Text
5. pembahasan Bab IV.pdf Download (198kB) |
|
Text
6 Bab V Daftar Pustaka.pdf Download (171kB) |
Abstract
Pendekatan Kontekstual merupakansalahsatupendekatanyang menekankan pada aktivitas belajar peserta didik secara penuh,baik fisik maupun mental. Sasaran utamanya yaitu untuk mencari makna dengan menghubungkan pekerjaan akademik dengan kehidupan sehari-hari. Masalahutamadalampenelitianiniadalah “Bagaimanakahpenerapanpendekatan kontekstualpadamateripokoktekanan pada siswa kelas VIIISMPN 3 Kupang Barat?”.Secaraspesifik, masalahdalampenelitianiniadalah: 1)Bagaimanakemampuan guru dalammengelolakegiatanpembelajarandenganmenerapkanpendekatan kontekstual? 2)BagaimanaketuntasanIndikatorHasilBelajar (IHB) dalampembelajarandenganmenerapkanpendekatan kontekstual? 3)Bagaimanahasilbelajarsiswadalampembelajarandenganmenerapkanpendekatan kontekstual? 4)Bagaimanaresponsiswaterhadapkegiatanpembelajarandenganmenerapkanpendekatan kontekstual? Berdasarkanrumusanmasalah di atas, makatujuan yang hendakdicapaidalampenelitianiniadalah “Untuk menerapkanpendekatankontekstualpadamateripokoktekanan pada siswa kelas VIIISMPN 3 Kupang Barat.” Secaraspesifiktujuandalampenelitianiniadalah: 1)Mendeskripsikankemampuan guru dalammengelolakegiatanpembelajarandenganmenerapkanpendekatan kontekstual. 2)MendeskripsikanketuntasanIndikatorHasilBelajar (IHB) dalampembelajarandenganmenerapanpendekatan kontekstual. 3)Mendeskripsikanhasilbelajarsiswadalampembelajarandenganmenerapkanpendekatan kontekstual. 4)Mendeskripsikanresponsiswaterhadapkegiatanpembelajarandenganmenerapakanpendekatan kontekstual. Yang menjadisubyekdalampenelitianiniadalahsiswa/i kelasVIIISMPN 3 Kupang Barat yang berjumlah27 orang.Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahlembarpengamatanpengelolaanpembelajaranpendekatanketer ampilan proses, teshasilbelajarsiswa, lembarpenilaianaspek (psikomotor, kognitifdanafektif), angketresponsiswa,dan wawancara. Perangkatpembelajaran yang dikembangkandalampenelitianiniadalahbahan ajar siswa, silabus, RencanaPelaksanaanPembelajaran, lembarkerjasiswa, kisi-kisidanteshasilbelajarsiswa (THB produkdan proses). Teknik yang digunakandalampengumpulan data adalahobservasi, tesdanangket. Dari hasilanalisisdeskriptifdiperolehbahwa guru mampumengelolakegiatanpembelajaranyaknikegiatanpendahuluan, kegiataninti, kegiatanpenutup, pengelolaanwaktudansusasakelasdenganbaik. Hal iniditunjukkandenganperolehanpresentasereliabilitasnyatiap RPP di atas 75% yaitu 98,00% untuk RPP 01 dan RPP 02, 97,00% untuk RPP 03, dan 95,00% untuk RPP 04.Sedangkanuntuksemuaindukatorbaikindikatorprodukmaupunindikator proses semuanyatuntasdengan rata-rata proporsiketuntasanindikatorlebihdari 0,75. Indikatorhasilbelajar yang ingindicapaisiswapadamateripokoktekanan semuanyatuntas. Hasilbelajarsiswa rata-rata semuanyatuntasdanresponsiswaterhadapkegiatanpembelajaranberadadalamkategoripositif (senang, barudanberminat).Dari uraian di atas, dikatakanbahwapenerapanpendekatan xiv kontekstualdapatmeningkatkankualitaspembelajaranfisikasehinggapenerapanpendekatan kontekstualdapatdigunakandalampembelajaranfisikakhususnyamateripokokTekanan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Tefa Frisca Yolanda |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 03:43 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 03:43 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2144 |
Actions (login required)
View Item |