Penerapan Pendekatan Kontekstual Materi Pokok Tekanan Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Ganjil SMPN 3 Kupang Barat Tahun Ajaran 2016/2017

TAMELAB, Yeni Hodesi (2016) Penerapan Pendekatan Kontekstual Materi Pokok Tekanan Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Ganjil SMPN 3 Kupang Barat Tahun Ajaran 2016/2017. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
1 Abstrak daftar isi.pdf

Download (276kB)
[img] Text
2.Bab 1.pdf

Download (117kB)
[img] Text
3.BAB II.pdf

Download (905kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (398kB)
[img] Text
5. pembahasan Bab IV.pdf

Download (198kB)
[img] Text
6 Bab V Daftar Pustaka.pdf

Download (171kB)

Abstract

Pendekatan Kontekstual merupakansalahsatupendekatanyang menekankan pada aktivitas belajar peserta didik secara penuh,baik fisik maupun mental. Sasaran utamanya yaitu untuk mencari makna dengan menghubungkan pekerjaan akademik dengan kehidupan sehari-hari. Masalahutamadalampenelitianiniadalah “Bagaimanakahpenerapanpendekatan kontekstualpadamateripokoktekanan pada siswa kelas VIIISMPN 3 Kupang Barat?”.Secaraspesifik, masalahdalampenelitianiniadalah: 1)Bagaimanakemampuan guru dalammengelolakegiatanpembelajarandenganmenerapkanpendekatan kontekstual? 2)BagaimanaketuntasanIndikatorHasilBelajar (IHB) dalampembelajarandenganmenerapkanpendekatan kontekstual? 3)Bagaimanahasilbelajarsiswadalampembelajarandenganmenerapkanpendekatan kontekstual? 4)Bagaimanaresponsiswaterhadapkegiatanpembelajarandenganmenerapkanpendekatan kontekstual? Berdasarkanrumusanmasalah di atas, makatujuan yang hendakdicapaidalampenelitianiniadalah “Untuk menerapkanpendekatankontekstualpadamateripokoktekanan pada siswa kelas VIIISMPN 3 Kupang Barat.” Secaraspesifiktujuandalampenelitianiniadalah: 1)Mendeskripsikankemampuan guru dalammengelolakegiatanpembelajarandenganmenerapkanpendekatan kontekstual. 2)MendeskripsikanketuntasanIndikatorHasilBelajar (IHB) dalampembelajarandenganmenerapanpendekatan kontekstual. 3)Mendeskripsikanhasilbelajarsiswadalampembelajarandenganmenerapkanpendekatan kontekstual. 4)Mendeskripsikanresponsiswaterhadapkegiatanpembelajarandenganmenerapakanpendekatan kontekstual. Yang menjadisubyekdalampenelitianiniadalahsiswa/i kelasVIIISMPN 3 Kupang Barat yang berjumlah27 orang.Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahlembarpengamatanpengelolaanpembelajaranpendekatanketer ampilan proses, teshasilbelajarsiswa, lembarpenilaianaspek (psikomotor, kognitifdanafektif), angketresponsiswa,dan wawancara. Perangkatpembelajaran yang dikembangkandalampenelitianiniadalahbahan ajar siswa, silabus, RencanaPelaksanaanPembelajaran, lembarkerjasiswa, kisi-kisidanteshasilbelajarsiswa (THB produkdan proses). Teknik yang digunakandalampengumpulan data adalahobservasi, tesdanangket. Dari hasilanalisisdeskriptifdiperolehbahwa guru mampumengelolakegiatanpembelajaranyaknikegiatanpendahuluan, kegiataninti, kegiatanpenutup, pengelolaanwaktudansusasakelasdenganbaik. Hal iniditunjukkandenganperolehanpresentasereliabilitasnyatiap RPP di atas 75% yaitu 98,00% untuk RPP 01 dan RPP 02, 97,00% untuk RPP 03, dan 95,00% untuk RPP 04.Sedangkanuntuksemuaindukatorbaikindikatorprodukmaupunindikator proses semuanyatuntasdengan rata-rata proporsiketuntasanindikatorlebihdari 0,75. Indikatorhasilbelajar yang ingindicapaisiswapadamateripokoktekanan semuanyatuntas. Hasilbelajarsiswa rata-rata semuanyatuntasdanresponsiswaterhadapkegiatanpembelajaranberadadalamkategoripositif (senang, barudanberminat).Dari uraian di atas, dikatakanbahwapenerapanpendekatan xiv kontekstualdapatmeningkatkankualitaspembelajaranfisikasehinggapenerapanpendekatan kontekstualdapatdigunakandalampembelajaranfisikakhususnyamateripokokTekanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Tefa Frisca Yolanda
Date Deposited: 12 Mar 2020 03:43
Last Modified: 12 Mar 2020 03:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2144

Actions (login required)

View Item View Item