PENGARUH PENERAPAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIIII SMP Negeri 1 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015)

Nehok, Yohanes Arianto (2015) PENGARUH PENERAPAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIIII SMP Negeri 1 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2014/2015). Diploma thesis, Widya Mandira Catholich Univercity.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (175kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penerapan teknik sosiodrama terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIIII SMP Negeri 1 Kota Kupang pada mata pelajaran bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2014/2015”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik sosiodrama terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Kota Kupang pada mata pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif Kuantitatif tipe Pra- eksperimen dengan pendekatan Single Subject Design. Alat pengumpul data berupa panduan penerapan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dan pedomaan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah melakukan analisis secara individual dengan cara mentabulasikan hasil pengukuran setiap subjek penelitian pada tahap Baseline dan treatment dan menggambarnya dalam grafik. Komponen yang dianalisis meliputi kecenderungan / trend stabilitas perubahan level yang terjadi pada fase Baseline dan fase Maintenance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok terhadap kepercayaan diri siswa setelah diberi perlakuan. Hal ini dilihat dari hasil analisis secara individual dengan membandingkan hasil pengukuran kepercayaan diri siswa yakni perilaku menyampaikan pertanyaan dan menyatakan pendapat siswa di dalam kelas pada fase baseline yang cenderung menurun dengan pengukuran kepercayaan diri siswa yakni perilaku menyampaikan pertanyaan dan menyatakan pendapat siswa di dalam kelas pada fase maintenance yang cenderung naik kearah positif. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada 1). konselor agar secara terus-menerus menjaga hubungan akrab diantara para siswa, memotivasi siswa agar berani mengeksplorasi keinginan atau perasaan dan perubahan yang konkrit mengenai kepercayaan diri siswa. 2) Guru mata pelajaran hendaknya lebih tegas dalam memberikan bimbingan serta motivasi agar siswa disiplin di lingkungan sekolah. 3) Siswa perlu mengetahui bahwa sebagai seorang pelajar harus memiliki tanggung jawab untuk menjalankan tugas pokoknya sebagai pelajar yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling Study Program
Depositing User: S.Ptk Damianus Dami
Date Deposited: 15 Dec 2017 02:28
Last Modified: 15 Dec 2017 02:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2161

Actions (login required)

View Item View Item