Evaluasi Kinerja Ruas Jalan Akibat Adanya Parkir Di Badan Jalan (Studi Kasus: Ruas Jalan Jenderal Sudirman Depan Master Cell Kuanino Sampai Depan Bank Central Pitoby)

DIDOEK, Gilbert Markpeter Targanski Didoek (2025) Evaluasi Kinerja Ruas Jalan Akibat Adanya Parkir Di Badan Jalan (Studi Kasus: Ruas Jalan Jenderal Sudirman Depan Master Cell Kuanino Sampai Depan Bank Central Pitoby). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)

Abstract

Kota Kupang merupakan ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur yang mengalami pertumbuhan pesat, terutama pada sektor transportasi. Salah satu dampak dari perkembangan tersebut adalah meningkatnya volume kendaraan dan aktivitas parkir di badan jalan, khususnya pada ruas Jalan Jenderal Sudirman, yang menyebabkan penurunan kinerja lalu lintas dan kemacetan, terutama pada jam-jam sibuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja ruas Jalan Jenderal Sudirman akibat adanya parkir di badan jalan, serta memberikan alternatif solusi untuk meningkatkan kelancaran arus lalu lintas di ruas jalan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023. Lokasi penelitian terbatas pada segmen jalan sepanjang 500 meter dari depan Master Cell Kuanino sampai depan Bank Central Pitoby. Pengumpulan data dilakukan melalui survei langsung di lapangan, mencakup survei geometri jalan, volume lalu lintas, kecepatan kendaraan, dan hambatan samping. Analisis data dilakukan dengan menghitung kapasitas jalan, derajat kejenuhan, serta tingkat pelayanan jalan berdasarkan volume lalu lintas dan kondisi eksisting. Data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kupang terkait jumlah penduduk sebagai faktor penentu ukuran kota dalam analisis kapasitas jalan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja ruas jalan pada kedua segmen berada pada Level of Service (LOS) E, dengan nilai derajat kejenuhan sebesar 0,87 untuk segmen 1 dan 0,86 untuk segmen 2. Kecepatan rata-rata kendaraan juga rendah akibat adanya hambatan samping berupa parkir di badan jalan, yang menyebabkan aliran lalu lintas tidak stabil dan berpotensi menjadi macet total. Berdasarkan temuan tersebut, solusi yang disarankan adalah penerapan larangan parkir di badan jalan, pelebaran ruas jalan, serta pengaturan parkir melalui penyediaan kantong parkir untuk meningkatkan efisiensi dan keselamatan lalu lintas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kinerja jalan, parkir, derajat kejenuhan, LOS, PKJI
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: GILBERT MARKPETER TARGANSKI DIDOEK
Date Deposited: 25 Sep 2025 01:10
Last Modified: 25 Sep 2025 01:10
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/21775

Actions (login required)

View Item View Item