Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia Di SMPN 5 Kota Kupang Tahun Ajaran 2019/2020

MANDALA, Josua H. (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia Di SMPN 5 Kota Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (700kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (316kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA khusus Biologi. Hal tersebut dikarenakan peserta didik cenderung menghafal konsep tanpa memahami konsep belajar sehingga tidak bisa menyelesaikan soal-soal ujian ulangan dengan baik, sehingga berdampak pada nilai yang diperoleh menjadi tidak tuntas. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Salah satu cara agar nilai hasil belajar peserta didik meningkat dengan menerapkan model pembelajaran inovtif yang dapat berpengaruh terhadap semangat belajar peserta didik, peneliti menerapkan model problem based learning . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 5 Kota Kupang pada materi pokok sistem pencernaan pada manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan metode quasi eksperimen (eksperimen semu). dengan desain penelitiannya Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes sebelum dan sesudah mengikuti proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan menggunakan model Problem Based Learning yakni 81,56. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai probabilitas (sign.) 0,016 < 0,05 Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di SMPN 5 Kota Kupang Tahun Ajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model problem based learning, hasil belajar, sistem pencernaan pada manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 04 May 2020 00:41
Last Modified: 04 May 2020 00:41
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2191

Actions (login required)

View Item View Item