DALLY, Ikal Ratu (2025) Tanggung Jawab Hukum Perusahaan Jasa Pengangkutan Barang Melalui Darat ( Studi Kasus pada CV. Aneka Ekspedisi di Kota Kupang ). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (568kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (776kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (556kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (729kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (438kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PELAGIAT.pdf Download (686kB) |
Abstract
Perkembangan banyaknya Perusahaan jasa pengangkutan barang saat ini yang sangat populer di kalangan Masyarakat salah satunya ialah CV. Aneka Ekspedisi yang berdiri sejak tahun 1982. Dulu Perusahaan ini terkhususnya untuk pengiriman logistik dari Surabaya ke Timor Leste. Tapi pada tahun 2002 setelah Timor-Timor lepas dari Indonesia, baru membuka rute baru arah Surabaya, Bau-Bau, Sulawesi Tengah dan Kupang Nusa Tenggara Timur dan kota-kota di sekitarnya. Setelah itu sekitar tahun 2015-2017 di buka lagi cabang di Banjarmasin dan Balikpapan. Tahun 2020 barulah kembali buka cabang di Jakarta sampai sekarang. bagian dari usaha untuk mengembangkan perputaran ekonomi di Indonesia demi menuju kesejahteraan bagi konsumen dalam mempermudah melakukan pengiriman barang maka di bentuklah Undang-undang No. 08 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Memiliki hak isimewa bagi konsumen, yaitu tanggung jawab Perusahaan. Dimana pada pasal 19 ayat (1) pengusaha yang melakukamn kegiatan usaha ekspedisi bertanggung jawab atas kerusakan barang yang dikirmkan, ayat (2) pengusaha sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus memberikan Ganti rugi kepada konsumen atas kerusakan atau kehilangan barang yang dikirimkan. Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “ Tanggung Jawab Hukum Perusahaan Jasa Pengangkutan Barang Melalui Darat ( Studi kasus Pada CV. Aneka Ekspedisi di Kota Kupang ) dengan rumusan masalahnya yaitu bagaimana tanggung jawab Perusahaan CV. Aneka Ekspedisi bagi konsumen dalam pengiriman barang. Dengan tujuan yaitu ingin dicapai penulis adalah untuk menganalisis sejauh mana bentuk tanggung jawab CV. Aneka Ekspedisi terhadap Konsumen. Pada penulisan penelitian ini. Penulis menggunakan teori tanggung jawab hukum yaitu seseorang harus bertanggung jawab secara hukum atas perbuatannya yang bertentangan disertai dengan alur berpikir dengan dasar Undang-undang No. 08 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dengan bentuk tanggung jawab hukum praduga atas kesalahan dan tanggung jawab hukum kolektif, yaitu untuk meneliti bentuk tanggung jawab pihak Perusahaan jasa pengiriman CV. Aneka ekspedisi terhadap konsumen. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penulisan penelitian ini adalah penelitian hukum empiris, dengan metode pendekatan perundang-undangan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan studi dokumen dengan tujuan agar penulis dapat menganalisis bentuk tanggung jawab pihak Perusahaan CV. Aneka Ekspedisi terhadap konsumen yang merasa dirugikan. Dari hasil penelitian di lapangan, penulis mendapatkan 13 responden konsumen pemakai jasa CV. Aneka ekspedisi. Responden yang diambil adalah responden yang merasa dirugikan yaitu akibat keterlamabatan barang dan kerusakan barang dalam memakai jasa Perusahaan tersebut. Dalam 13 responden tersebut penulis mendapatkan data melalui media wawancara dengan responden dan menyimpulkan terdapat 31 keluhan akibat keterlambatan barang dan 10 keluhan akibat kerusakan barang. Setelah itu penulis melakukan wawancara terhadap Kepala Admin CV. Aneka ekspedisi, beliau mengatakan bahwa konsumen yang dirugikan akibat keterlamabatan barang maka pihak Perusahaan akan memberikan kompensasi berupa insentif 2% potongan harga untuk mengikuti pengiriman berikutnya dan jika kerusakan barang maka pihak Perusahaan melakukan Ganti rugi dengan setengah harga barang yang rusak. Berdasarkan hasil penelitian di kota Kupang Pada CV. Aneka Ekspedisi yang dilakukan oleh peneliti, bahwa Perusahaan paham akan undang-undang yang berlaku terkait perlindungan konsumen yaitu mengenai tanggung jawab. Namun pihak Perusahaan dalam hal menganti Ketika ada barang yang rusak maka tidak sepenuhnya di Ganti melainkan setengah dari harga barang tersebut. Maka dari itu penulis dapat menyimpulkan bahwa Perusahaan tidak sepenuhnya melakukan hak penuh terhadap konsumen pemakai jasa tersebut. Saran penulis terhadap CV. Aneka ekspedisi Ketika konsumen ingin memakai jasa tersebut diharapkan agar menjelaskan secara detail mungkin kepada konsumen pemakai jasa tersebut dalam hal kebijakan Perusahaan, peraturan yang berlaku dalam Perusahaan serta paket barang yang akan dikirimkan dengan hati-hati. Agar dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dalam memakai jasa Perusahaan pengirman barang CV. Aneka Ekspedisi. Juga kepada msayarakat atau terlebihnya konsumen yang ingin memakai jasa pihak CV. Aneka ekspedisi agar tidak kuatir karena pihak Perusahaan akan selalu memberikan Solusi terbaik kepada konsumen Ketika konsumen ingin memakai jasa pengirman barang melalui CV. Aneka ekspedisi tersebut.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Tanggung jawab hokum, Perusahaan jasa pengangkutan barang,Pengangkutan darat |
| Subjects: | K Law > K Law (General) |
| Divisions: | Fakultas Hukum > Program Studi Hukum |
| Depositing User: | IKAL RATU DALLY |
| Date Deposited: | 07 Oct 2025 00:20 |
| Last Modified: | 07 Oct 2025 00:20 |
| URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/22024 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
