Kajian Alinyemen Horizontal Dan Alinyemen Vertikal Pada Jalan Lingkar Selatan Kolbano (Kabupaten Timor Tengah Selatan) Sta 75+000 – Sta 76+075

NENO, Agustinus (2018) Kajian Alinyemen Horizontal Dan Alinyemen Vertikal Pada Jalan Lingkar Selatan Kolbano (Kabupaten Timor Tengah Selatan) Sta 75+000 – Sta 76+075. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (719kB)
[img] Text
Bab,1.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Bab,2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
Bab,3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
Bab,4...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab,5.pdf

Download (76kB)

Abstract

Ruas Jalan Jalan Lngkar Selatan Kolbano Kabupaten Timor Tengah Selatan adalah ruas jalan anatar kota jenis kolektor, salah satu lokasi yang mengalami kerusakan adalah pada ruas jalan STA 75+325 – STA 75+825 yang menyebabkan timbulnya rasa ketidaknyamanan bagi pengguna ruas jalan. Fakta visual adalah pada ruas jalan yang dimaksud mengalami permasalahan pada kelandaian yang melebihi ketentuan kelandaian maksimus jalan Dari hasil analisa dengan melakukan proses kajian alinyemen jalan baik itu alinyemen horizontal maupun alinyemen vertikal, melalui pengolahan lalulintas harian rata-rata (LHR), data kecepatan, serta data kontur dan trase, ruas Jalan Lingkar Selatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan, STA 75+000 – STA 76+075 merupakan ruas jalan dengan tingkat pelayanan stabil, dimana kecepatan dikontrol oleh lalu lintas, menggunakan data kecepatan, melalui perhitungan kecepatan rata-rata rencana didapatkan kecepatan rencana yang dipakai dalam mengkaji kondisi geometrik jalan adalah 40 km/jam. Dari kajian jalan tersebut satu tikungan pada alinyemen horizontal yang merupakan tikungan Spiral Circle Spiral (SCS) mengalami permasalahan pada superelevasi existing ruas jalan serta lebar perkerasab pada tikungan, dan pada alinyemen vertikal juga mengalami permasalahan pada panjang landai kritis dengan persentase kemiringan jaan yang melalmpaui standar perencanaan yaitu 10% dan ditemukan pada kondisi existngnya adalah 16,88%. Dari permasalahan yang ditemukan dalam proses kajian ruas jalan, maka dilakukan perencanaan geometrik perbaikan ruas jalan baik pada alinyemen horizontal dan pelebaran perkerasan daerah tikungan, serta pada alinyemen vertikal merencanakan kembali kelandaian memanjang ruas jalan dimana terdapat permaslahan pada panjang landai vertikal pada STA 75+325-75+825. Untuk itu direncanakan perbaikan ruas jalan tersebut, dari proses koordinasi alinyemen horizontal dan alinyemen vertikal didapatkan daerah galian dan timbunan, dimana volume galian 60.857,083 m³ dan timbunan 358,64 m³. Dari hasil analisis dan pembahasan, serta kesimpulan yang ada maka disarankan terlebih dahulu perlu diketahui tingkat pelayanan dan kecepatan rencana sebelum melakukan Kajian alinyemen horizontal dan alinyemen vertikal ruas jalan, sehingga alinyemen horizontal dan alinyemen vertikal dapat menghasilkan ruas jalan dengan tingkat pelayanan yang baik serta dengan kecepatan berkendara sesuai kecepatan rencana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecepatan Rencana, Alinyemen Horizontal, Alinyemen Vertika
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Tefa Frisca Yolanda
Date Deposited: 16 Mar 2020 04:19
Last Modified: 14 Nov 2022 05:23
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2221

Actions (login required)

View Item View Item