Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Empat Lengan (Studi Kasus Simpang Bersinyal Patung Kirab Kupang)

BEREK, Edwardus Juven (2019) Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Empat Lengan (Studi Kasus Simpang Bersinyal Patung Kirab Kupang). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (798kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (30kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (767kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (194kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf

Download (477kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (30kB)

Abstract

Kemacetan lalu lintas pada daerah simpang diakibatkan oleh adanya tundaan atau antrian yang panjang dikarenakan volume lalu lintas yang tinggi, tentu hal ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan pengendara karena lamanya antrian atau tundaan yang terjadi. Oleh karena itu keberadaan simpang harus dikelola dengan baik agar kinerja simpang tersebut dapat menghasilkan kelancaran transportasi sesuai dengan yang diharapkan. Simpang yang sudah difasilitasi lampu merah di kota Kupang adalah simpang patung Kirab, Simpang bersinyal patung Kirab sering terjadi kemacetan lalu lintas, terutama saat jam – jam sibuk karena lingkungan jalan sekitar simpang Patung Kirab merupakan daerah komersial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja simpang bersinyal eksisting dan menganalisis solusi pemecah permasalahan yang tepat. Studi ini menggunakan metode pendekatan dari MKJI 1997 dengan meninjau simpang bersinyal empat lengan Patung Kirab. Dari hasil analisis dari data yang diperoleh di lapangan, didapat hasil pada kondisi eksisting, jam puncak volume lalu lintas pada jam 07:00 – 08:00 WITA dengan nilai derajat kejenuhan untuk tiap pendekat antara 0.66 – 1.31, panjang antrian untuk tiap pendekat 32.56m – 170.21m dan nilai tundaan simpang yang terjadi adalah 121.71 det/smp dengan tingkat pelayanan F. Indikator dalam menilai kinerja simpang bersinyal dilihat dari nilai tundaan simpang, nilai tersebut menunjukan bahwa kinerja persimpangan buruk. Terdapat 3 solusi perbaikan yang digunakan dalam penelitian yaitu solusi 1 – pengaturan ulang lampu lalu lintas, 2 – pengaturan belok kiri langsung, 3 – pengaturan ulang lampu lalu lintas dan belok kiri langsung. Dari 3 solusi yang dicobakan, solusi yang terbaik untuk memperbaiki simpang bersinyal patung kirab adalah solusi ke -3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: derajat kejenuhan, kinerja simpang, panjang antrian, simpang bersinyal, tundaan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 18 Mar 2020 02:10
Last Modified: 18 Mar 2020 02:10
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2249

Actions (login required)

View Item View Item