Analisa Nilai Stabilitas Tanah Lempung dengan Penambahan Semen Terhadap Nilai CBR pada Konstruksi Jalan Raya (Studi Kasus : Jalan Ki Hajar Dewantara, Kabupaten Belu)

ABATAN, Virdinanda Klaudia (2025) Analisa Nilai Stabilitas Tanah Lempung dengan Penambahan Semen Terhadap Nilai CBR pada Konstruksi Jalan Raya (Studi Kasus : Jalan Ki Hajar Dewantara, Kabupaten Belu). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)

Abstract

Tanah lempung memiliki sifat plastisitas yang tinggi, daya dukung rendah, dan perubahan volume besar akibat pengaruh kadar air, sehingga kurang baik digunakan sebagai lapisan tanah dasar jalan. Kondisi tersebut dapat menimbulkan penurunan kualitas konstruksi perkerasan jalan apabila tidak dilakukan perbaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan semen terhadap karakteristik tanah lempung, khususnya pada parameter pemadatan dan nilai California Bearing Ratio (CBR), sehingga dapat meningkatkan stabilitas tanah dasar jalan di lokasi penelitian Jalan Ki Hajar Dewantara, Kabupaten Belu. Metode penelitian dilakukan dengan pengujian laboratorium yang meliputi uji karakteristik tanah (analisa saringan, batas cair, batas plastis, berat jenis), uji pemadatan standar (Proctor), serta uji CBR laboratorium dengan variasi campuran semen sebesar 0%, 5%, 10%, dan 15% terhadap berat kering tanah. Data hasil pengujian diolah untuk mendapatkan nilai kadar air optimum, berat isi kering maksimum, serta nilai CBR, yang selanjutnya dianalisis guna mengetahui pengaruh penambahan semen terhadap peningkatan stabilitas tanah lempung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan semen memberikan pengaruh signifikan terhadap karakteristik tanah lempung. Kadar air optimum meningkat dari 19,72% pada tanah asli menjadi 23,15% pada campuran 15% semen, sedangkan berat isi kering maksimum bertambah dari 1,74 gr/cm³ menjadi 1,83 gr/cm³. Nilai CBR tanah asli sebesar 4,41% meningkat menjadi 9,52% pada campuran 5% semen, 12,45% pada campuran 10% semen, dan mencapai 15,23% pada campuran 15% semen. Dengan demikian, penambahan semen hingga 15% terbukti mampu memperbaiki kualitas tanah lempung dan meningkatkan daya dukung tanah dasar jalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tanah Lempung, Semen, Pemadatan, CBR, Stabilisasi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: VIRDINANDA K. ABATAN
Date Deposited: 17 Oct 2025 01:26
Last Modified: 17 Oct 2025 01:26
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/22490

Actions (login required)

View Item View Item