Pembingkaian Berita Pembahasan Komisi X DPR RI Tentang Dualisme Kepemimpinan Di Universitas PGRI Kupang Pada Harian Umum Pos Kupang Dan Timor Express Tanggal 12 Agustus 2015

KAMPUR, Yohanes Hans (2018) Pembingkaian Berita Pembahasan Komisi X DPR RI Tentang Dualisme Kepemimpinan Di Universitas PGRI Kupang Pada Harian Umum Pos Kupang Dan Timor Express Tanggal 12 Agustus 2015. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf

Download (482kB)
[img] Text
FILE BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
FILE BAB II.pdf

Download (372kB)
[img] Text
FILE BAB III.pdf

Download (188kB)
[img] Text
FILE BAB IV.pdf

Download (280kB)
[img] Text
FILE BAB V.pdf

Download (394kB)
[img] Text
FILE BAB VI.pdf

Download (273kB)

Abstract

Dualisme kepemimpinan di kampus PGRI menjadi sorotan Komisi X dalam menyelesaikan persoalan tersebut. Pos Kpang dan Timex yang meliput peristiwa tersebut mempunyai framing masing-masing dalam memberitakan berita tersebut. Dalam konteks penelitian ini, peneliti menggunakan analisis framing untuk mengetahui bagaimana framing berita dari kasus dualisme di kampus PGRI Kupang dari dua media surat kabar, Pos Kupang dan Timor Exprees. Konsep yang dipakai dalam penelitian ini adalah konsep berita, syarat-syarat berita, klasifikasi berita, angle berita, konstruksi realitas analisis framing model Zhongdan Pan dan Gerald M. Kosicki dan efek framing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-interpretatif dengan memilih empat elemen dalam perangkat kerja framing model Zhongdan pan dan Kosicki yang terdiri dari sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Berita mengenai pembahasan tentang dualisme kepemimpinan di Universitas PGRI Kupang pertama ditelaah dulu, lalu dianalis dan diinterpretasikan sesuai perangkat kerja yang digunakan, untuk memudahkan dalam mengetahui framing dari Pos kupang dan Timor Exprees. Kedua berita yang terbit di hari yang sama dijelaskan secara berbeda dari kedua media, dapat terlihat dari judul, lead, isi berita dan penutup, semuanya berbeda berdasarkan sudut pandang kedua media. Dilihat dari makna yang tibul dari berita tersebut, kedua media mempunyai makna tersirat yang disampaikan kepada khalayak. Hal tersebut dapat dilihat dari penonjolan pernyataan dari tokoh di dalam berita tersebut dan menggambarkan situasi yang dramatis. Pada akhir penelitian ini disimpulkan bahwa Pos Kupang dan Timor Exprees mempunyai sudut pandang yang berbeda dalam memberitakan tentang pembahasan Komisi X DPR RI terhadap dualisme kepemimpinan di Universitas PGRI Kupang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: perpustakaan unwira
Date Deposited: 10 Oct 2019 03:06
Last Modified: 10 Oct 2019 03:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item View Item