Konsep Pendidikan Liberatif Paulo Freire dan Relevansinya dengan Kurikulum Merdeka Belajar

ARLI, Marsianus Sirnofot Lorme (2025) Konsep Pendidikan Liberatif Paulo Freire dan Relevansinya dengan Kurikulum Merdeka Belajar. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (984kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (449kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT BEBAS PLAGIAT.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas konsep pendidikan liberatif Paulo Freire dan relevansinya dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia. Pendidikan bagi Freire tidak sekadar proses transfer pengetahuan, tetapi sarana pembebasan yang menekankan dialog, kesadaran kritis (conscientization), serta partisipasi aktif peserta didik. Sementara itu, Kurikulum Merdeka Belajar hadir sebagai reformasi pendidikan nasional yang menekankan fleksibilitas, diferensiasi, serta penguatan karakter peserta didik melalui pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan pendekatan filosofis-analitis untuk menelaah keselarasan antara teori Freire dan prinsip Kurikulum Merdeka. Hasil analisis menunjukkan bahwa keduanya memiliki titik temu dalam aspek filosofis, metodologis, dan tujuan pendidikan, khususnya dalam membentuk manusia yang otonom, kritis, kreatif, serta berdaya. Namun, penerapannya di Indonesia menghadapi tantangan, terutama terkait perubahan paradigma pendidikan, kesiapan guru, serta sistem evaluasi yang masih cenderung kuantitatif. Penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi prinsip-prinsip pendidikan liberatif dalam Kurikulum Merdeka Belajar guna menciptakan pendidikan yang lebih inklusif, partisipatif, dan transformatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Paulo Freire, pendidikan liberatif, kesadaran kritis, dialog, Kurikulum Merdeka Belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Filsafat > Program Studi Ilmu Filsafat
Depositing User: MARSIANUS SIRNOFOT LORME ARLI
Date Deposited: 16 Oct 2025 07:50
Last Modified: 16 Oct 2025 07:50
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/22500

Actions (login required)

View Item View Item