Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Cak Doko Dan Tompelo

USFINIT, Ernasius A. P. (2019) Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Cak Doko Dan Tompelo. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
01. Abstrak - Daftar isi-dikompresi.pdf

Download (537kB)
[img] Text
02. Bab 1 - OK.pdf

Download (22kB)
[img] Text
03. Bab 2 - OK.pdf

Download (136kB)
[img] Text
04. Bab 3 - OK.pdf

Download (176kB)
[img] Text
05. Bab 4 - OK-dikompresi.pdf

Download (762kB)
[img] Text
06. Bab 5.pdf

Download (26kB)

Abstract

Hambatan samping menurut Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 adalah interaksi antara arus lalu lintas dengan kegiatan di samping jalan raya yang mengakibatkan pengurangan terhadap arus jenuh di dalam pendekatan. Hambatan samping yang dimaksud adalah berupa pejalan kaki, kendaraan yang berhenti sementara atau kecepatan kendaraan yang mencapai 0 km/jam, kendaraan yang parkir, kendaraan yang masuk dan keluar melalui lahan samping jalan, serta kendaraan tidak bermotor seperti sepeda. Jenis-jenis hambatan samping seperti inilah yang seringkali mengganggu kelancaran lalu lintas ruas jalan Cak Doko dan Tompelo. Oleh karena itu, hambatan samping perlu dikelola dengan lebih baik agar dapat meningkatkan kelancaran lalu lintas. Penelitian dilakukan selama 6 hari, yaitu pada hari Senin sampai Sabtu. Pengambilan data secara langsung di lapangan, untuk volume lalu lintas, kecepatan kendaraan dan data hambatan samping dibagi per 15 menit. Selanjutnya dilakukan analisa data menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Tahun 1997. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa titik dengan kinerja ruas jalan terburuk adalah Titik III, bobot maksimum hambatan samping 1060,70 tergolong sangat tinggi dengan tingkat pelayanan C tergolong kurang baik. Solusi yang dapat ditawarkan adalah dengan menghilangkan hambatan samping yang sering menghambat kelancaran lalu lintas yaitu penyebrang jalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hambatan Samping, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Cak Doko dan Tompelo.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 18 Mar 2020 02:05
Last Modified: 18 Mar 2020 02:05
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2274

Actions (login required)

View Item View Item