Pengaruh Parkir Pada Badan Jalan (On Street Parking) Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus : Jalan Perintis Kemerdekaan, Titik Pengamatan Depan Rumah Makan Abadi - Depan PGSD Undana Kupang)

LALANG, Richy Febrianto Amu (2025) Pengaruh Parkir Pada Badan Jalan (On Street Parking) Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus : Jalan Perintis Kemerdekaan, Titik Pengamatan Depan Rumah Makan Abadi - Depan PGSD Undana Kupang). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT BEBAS PLAGIAT.pdf

Download (786kB)

Abstract

Parkir merupakan masalah yang sering muncul dalam sistem transportasi dan bukan fenomena baru (Setiawan, 2003). Masalah parkir merupakan tantangan yang terus-menerus di banyak kota, baik besar maupun kecil, Kota Kupang adalah salah satu kota terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), mengalami perkembangan yang sangat pesat dari tahun ke tahun. Hal ini mencakup perekonomian dan pendidikan, yang keduanya berkembang pesat, yang tentu saja menyebabkan banyaknya pendatang yang pindah ke Kota Kupang. Akibatnya, arus lalu lintas kota menjadi semakin padat. Misalnya, Jalan Perintis Kemerdekaan di Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang (depan Rumah Makan Abadi – PGSD Undana) macet akibat tingginya volume gedung perkantoran, restoran, toko, dan tempat usaha lainnya, serta kurangnya tempat parkir dan pengguna jalan lain yang tidak memanfaatkan fasilitas parkir di Jalan Perintis Kemerdekaan. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini mencankup data primer dan data sekunder. Penelitian ini dilakukan di ruas Jalan Perintis Kemerdekaan, tepatnya di depan Warung Makan Abadi hingga PGSD Undana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang. Pengumpulan data lalu lintas dilakukan secara manual oleh surveyor dengan mencatat di lembar survei dan didukung oleh dokumentasi foto. Untuk memperoleh data tersebut, perlu dilakukan survei langsung ke lokasi penelitian. Dengan cara ini, data yang diperoleh akan lebih akurat dan dapat mendukung proses pengumpulan data, sehingga masalah yang ada bisa dianalisis dengan lebih baik. Data utama yang dikumpulkan meliputi volume lalu lintas (jumlah kendaraan), waktu tempuh kendaraan (untuk mengetahui kecepatan), serta kondisi fisik jalan. Analisi yang di lakukan berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI), kinerja ruas jalan pada titik pengamatan buruk, dengan nilai derajat kejenuhan untuk kondisi eksisiting 0,37 dan nilai derajat kejenuhan untuk kondisi larang parkir 0,35.Menurut hasil analisis menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI), titik pengamatan memiliki volume lalu lintas tertinggi pada Senin, 6 Januari 2025, dengan 705,70 smp/jam. Kecepatan dalam kondisi ekstrim adalah 25,09 km/jam, yang berarti jarak yang dapat ditempuh dalam satu jam adalah 25,09 km/jam, dan kecepatan setelah larang parkir adalah 40,6 km/jam. Hasil analisis perhitungan menunjukkan bahwa nilai kapasitas pada jam puncak untuk kondisi exsisting adalah 1929,56 smp/jam dan untuk kondisi larang parkir adalah 2017,01 smp/jam. Nilai derajat kejenuhan untuk kondisi exsisting adalah 0,37 untuk titik pengamatan dan untuk kondisi larang parkir adalah 0,35. Perhitungan hambatan samping terbagi menjadi dua kondisi: eksposisi dan aturan parkir. Oleh karena itu, nilai kedua hambatan samping memengaruhi kapasitas. Pada saat pengamatan ini, nilai LoS untuk kondisi ekssisting adalah 0,37, yang menunjukkan kondisi arus yang hampir tidak stabil tetapi kecepatan tetap terkendali dan Q/C masih dapat ditolerir. Nilai LoS untuk kondisi parkir yang dilarang adalah 0,35, yang menunjukkan kondisi arus stabil tetapi kecepatan dan gerak kendaraan tetap terkendali. Pengendara memiliki batasan kecepatan. Akibatnya, solusi harus diberikan pada saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Parkir Pada, Badan Jalan, On-Street Parking, Terhadap Kinerja, Ruas Jalan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: RICHY FEBRIANTO AMU LALANG
Date Deposited: 23 Oct 2025 07:27
Last Modified: 23 Oct 2025 07:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/22941

Actions (login required)

View Item View Item