Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Biologi Peserta Didik Di SMPK Santa Familia Kota Kupang

TIMU, Maria Clara Reyneldis (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Biologi Peserta Didik Di SMPK Santa Familia Kota Kupang. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (106kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kritis peserta didik, hal ini disebabkan model pembelajaran yang digunakan belum membuat peserta didik aktif dalam proses pembelajaran dan belum membiasakan peserta didik untuk menyelesaikan soal yang membutuhkan analisis. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif TAI. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif TAI terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA Biologi peserta didik di SMPK Santa Familia Kota Kupang. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII, sampel dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII A dan kelas VIII B. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar kognitif peserta didik kelas eksperimen diperoleh nilai pretest 43,5 menjadi 77,4 pada posttest, pada kelas kontrol diperoleh nilai pretest 47,8 menjadi 73 pada posttest. Nilai kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen diperoleh nilai pretes 36,4 menjadi 63,8 pada posttest, pada kelas kontrol diperoleh nilai pretest 40,4 menjadi 61,1 pada posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif TAI terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil uji anacova bahwa nilai signifikan yang diperoleh 0,000 pada hasil belajar kognitif dan nilai signifikan pada kemampuan berpikir kritis 0,011 lebih kecil dari nilai signifikan yang ditetapkan yaitu 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Adapun hasil pengamatan kemampuan guru pada kelas eksperimen termasuk kategori sangat baikdengan rata-rata 3,675 dan pada kelas kontrol termasuk kategori baik dengan ratarata 3,57. Dan hasil pengamatan aktivitas peserta didik pada kelas eksperimen adalah 94,72% dan pada kelas kontrol adalah 91,88%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TAI berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA Biologi peserta didik di SMPK Santa Familia Kota Kupang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif TAI, Hasil Belajar Kognitif, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 19 Mar 2020 03:03
Last Modified: 19 Mar 2020 03:03
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2310

Actions (login required)

View Item View Item