Evaluasi Geometrik Jalan Alinyement Vertikal Dan Horizontal Ruas Jalan Fleixa Ainaro-Timor Leste

LETA, Yovianus Constantino Etelvina (2019) Evaluasi Geometrik Jalan Alinyement Vertikal Dan Horizontal Ruas Jalan Fleixa Ainaro-Timor Leste. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
1. COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (319kB)
[img] Text
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (207kB)
[img] Text
3.BAB II LANDASAN TEORI.pdf

Download (745kB)
[img] Text
4.BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (285kB)
[img] Text
5. BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (629kB)
[img] Text
6.BAB V KESIMPULAN,SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB)

Abstract

Timor-Leste sebagai negara yang baru berkembang dalam berbagai bidang dan pembangunan dan adalah satunya. Peningkatan jumlah penduduk yang menetap secara permanen maupun yang bersifat sementara juga membawa dampak perubahan pada transportasi. Jalan raya merupakan prasarana transportasi yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi suatu masyarakat. Kebutuhan akan prasarana jalan yang baik merupakan factor penunjang lancarnya perekonomian.` Perencanaan prasarana transportasi dalam hal ini jalan raya, harus benar-benar memahami geometric jalan. Ruas jalan Fleixa-Ainaro di Distrik Ainaro Timor Leste, mempunyai panjang pendakian mencapai 450 m. Pendakian yang panjang ini di tengah pendakian terdapat dua tikungan yang sempit dengan luas jalan 3 m, sehingga menyulitkan pengendara untuk mengambil haluan, terlebih ketika berpapasan akibatnya kecepatan menjadi berkurang hingga kurang dari 40 km/jam dan membuat kendaraan kehilangan tenaga saat menaiki tanjakan sehingga kecelakaan lalu lintas pun seringkali terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi eksisting geometrik jalan pada ruas jalan Fleixa-Ainaro, untuk mengetahui factor penyebab terjadinya kecelakaan di ruas jalan Fleixa-Ainaro dan mengetahui solusi perbaikan geometrik ruas jalan Fleixa-Ainaro berdasarkan perencanaan metoda AASHTO. Penelitian ini diselesaikan dengan metode geometric jalan standar AASHTO. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kondisi geometric ruas jalan Fleixa Ainaro (STA 2+000 – STA 2+450) pada alinyement horizontal terdapat dua tikungan dimana berdasarkan perhitungan tikungan tersebut termasuk dalam tikungan spiral-spiral (SS), serta pada alinyement vertical dititik STA 2+000 sampai STA 2+025 ditemukan permasalahan panjang kritis alinyemen vertikal yang disebabkan oleh kelandaian melebihi ketentuan kelandaian maksimum jalan yaitu sebesar 10,68% dengan panjang pendakian 25 meter. Faktor penyebab terjadinya kecelakaan di ruas jalan Fleixa Ainaro adalah Kelandaian, Kecepatan dan Panjang kritis. Ruas jalan Fleixa Ainaro memiliki panjang pendakian 25 meter, Dengan panjang pendakian 25 meter dan besar kelandaian 10,68% kendaraan bergerak dengan kecepatan rata-rata 35,18 Km/Jam. Kondisi seperti ini memaksa kendaraan berat dengan kelebihan muatan atau bobot,harus menggunakan gigi rendah di tengah tanjakan sehingga menyebabkan kendaraan mengalami kehilangan tenaga. Hal ini akan mempersulit keseimbangan kendaraandan dapat menyebabkan kecelakaaan. Solusi perbaikan geometric pada alinyemen vertikal adalah dengan melakukan system cutting dan fill pada beberapa titik untuk mengurangi kelandaian pada ruas jalan Fleixa Ainaro, dengan begitu kelandaian maksimum awal yang besarnya 10,68% mengalami penurunan menjadi 6,07%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 19 Mar 2020 03:06
Last Modified: 19 Mar 2020 03:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2311

Actions (login required)

View Item View Item