Analisis Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Taksi Untuk Meningkatkan Loyalitas [ Studi Pada Gogo Taksi ]

DOGHA, Hubertus Yohanes (2018) Analisis Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Taksi Untuk Meningkatkan Loyalitas [ Studi Pada Gogo Taksi ]. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (706kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (935kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (83kB)

Abstract

Kepuasan penumpang merupakan salah satu kunci keberhasilan suatu perusahaan dalam mempertahankan eksistensinya. Apalagi dengan semakin tingginya tingkat persaingan. Dengan memperhatikan aspek ini diharapkan perusahaan dapat mendorong konsumen loyal untuk mempromosikan jasa perusahaan kepada pihak konsumen potensial, yang pada akhirnya akan meningkatkan keuntungan perusahaan. Gogo Taksi merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi taksi di Kota Kupang. Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengetahui penilaian konsumen atas pelayanan yang telah diberikan selama ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian konsumen atas pelayanan yang diberikan dan mengetahui faktor pelayanan yang dianggap penting oleh konsumen, tetapi belum baik dalam pelaksanaanya. Sesuai dengan rumus Slovin, penelitian ini dilakukan dengan metode survey yang melibatkan 150 responden pelanggan Gogo Taksi. Dari informasi yang di peroleh melalui survey, data diolah dengan Analisis Kuadran (Importance Performance Analysis). Hasil Importance Performance Analysis menunjukan bahwa indikator kualitas pelayanan Empathy menempati kuadran I yang berarti konsumen merasa dimensi ini penting akan tetapi pelaksanaannya masih kurang baik maka perlu adanya perhatian khusus untuk meningkatkan kinerja, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Untuk dimensi tangibles dan dimensi reliability berada pada kuadran II, berarti konsumen merasa dimensi-dimensi ini penting dan kinerja perusahaan sudah baik sehingga pelaksanaanya perlu dipertahankan. Sedangkan dimensi responsiveness dan dimensi assurance berada pada kuadran III, ini berarti konsumen merasa dimensi-dimensi ini kurang penting dan kinerja perusahaan dirasakan belum cukup baik dalam pelaksanaanya. Berdasarkan hasil Analisis IPA, maka untuk meningkatkan kesesuaian harapan pelanggan dan kinerja perusahaan atas kualitas pelayanan dan meningkatkan loyalitasnya dilakukan melalui menyeleksi secara ketat para karyawan yang akan bekerja khususnya para sopir. Memberikan motivasi dan pelatihan (training) pada karyawan khususnya para sopir untuk melatih mereka agar lebih cepat dan tanggap terhadap keinginan dan permintaan penumpang sehingga dapat memberikan pelayanan secara tepat dan akurat sesuai dengan yang dijanjikan. Menambah jumlah armada di tempat yang dirasakan strategis agar konsumen dapat lebih mudah mendapatkan taksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 19 Mar 2020 03:12
Last Modified: 19 Mar 2020 03:12
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2312

Actions (login required)

View Item View Item