Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas Viii Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMP Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020

BERE, Maria Yulianti (2019) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas Viii Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMP Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (163kB)

Abstract

Salah satu masalah pokok dalam pembelajaran pendidikan formal saat ini adalah masih rendahnya daya serap peserta didik. Hal ini nampak dari rata-rata belajar peserta didik yang masih sangat memprihatinkan. Prestasi ini merupakan hasil kondisi pembelajaran yang masih bersifat konvensional, dimana proses pembelajaran yang berlangsung masih di dominasi oleh guru dan tidak memberikan akses kepada peserta didik untuk berkembang secara mandiri melalui penemuan dan proses berpikir. Hal ini berdampak pada peserta didik tidak aktif dalam pembelajaran dan cepat merasa bosan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik, dan salah satu model adalah discovery learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMP Negeri 10 Kupang tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain “Nonequivalent Control Group Desain”. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020 dan sampelnya adalah kelas VIIIA dan kelas VIIIB. Peserta didik kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen yaitu diberikan model pembelajaran discovery learning, sedangkan peserta didik kelas VIIIB sebagai kelas kontrol diberikan model pembelajaran Langsung. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan tes. Data dianalisis secara deskriptif dan melalui statistik inferensial yaitu melalui anacova. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : Rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik pada kelas eksperimen adalah 44,10 pada pretes dan meningkat menjadi 81,60 pada posttest. Sedangkan rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik pada kelas kontrol adalah 29.82 pada pretest naik menjadi 78,92 pada posttest. Ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal dalam pembelajaran discovery 96 %. Hasil uji anacova satu arah (one way-anacova) diperoleh nilai probabilitas (sig.) 0,001 lebih kecil dari nilai signifikan yang ditetapkan yaitu 0,05. Dengan demikian Ha yang mengatakan bahwa pembelajaran discovery berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 10 Kupang materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan tahun ajaran 2019/2020.” diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas viii pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di smp negeri 10 kupang tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar kognitif, struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 19 Mar 2020 03:57
Last Modified: 19 Mar 2020 03:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2314

Actions (login required)

View Item View Item