Penerapan Model Discovery Learning Untuk Membuktikan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Di SMA Negeri 9 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020

RUKU, Yongky (2019) Penerapan Model Discovery Learning Untuk Membuktikan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Di SMA Negeri 9 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (216kB)

Abstract

Kualitas pendidikan dapat terlihat pada proses dan hasil dari pendidikan itu sendiri.. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor dari peserta didik dan faktor dari guru. Salah satu model yang dapat membuat peserta didik aktif , kreatif dan inovatif dalam belajar serta memungkinkan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang sesuai dengan hakikat pembelajaran adalah model pembelajaran discovery learning. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI pada Materi Pokok Sistem Peredaran Darah pada Manusia di SMA Negeri 9 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 9 Kupang. Sampelnya adalah kelas XI IPA 2 yang diterapkan model discovery learning dan kelas XI IPA 1 yang diterapkan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan desain penelitian Nonequivalen control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai posstest pada kelas eksperimen yang menerapkan model discovery learning lebih tinggi yaitu 82,81 dibandingkan pada kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran langsung yaitu 78,28 Hasil uji Anacova menunjukkan nilai F hitung yaitu 0,003 atau lebih kecil dari 0,05. Hasil aktivitas siswa yang mengikuti pembelajaran di kelas eksperimen juga lebih tinggi yaitu 89,32% dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 87,08%. Rata;rata presentase aktivitas peserta didik dengan menggunakn model discovery learning yaitu 96,29, sedangkan model pembelajran langsung hanya memperoleh 90,89. Selain itu reabiliitas aktivitas peserta didik dengan menggunkan model discovery learning adalah 92,16 sedangkan model pembelajaran langsung hanya 82,93. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik SMA Negeri 9 Kupang pada materi pokok sistem peredaran darah pada manusia Tahun Ajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar Peserta Didik, Sistem Peredaran Darah pada Manusia. iv
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 19 Mar 2020 04:01
Last Modified: 19 Mar 2020 04:01
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2316

Actions (login required)

View Item View Item