Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020

WULANDARI, Irma Apriana (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (318kB)

Abstract

Masalah utama yang menjadi penyebab hasil belajar kognitif peserta didik di SMPN 10 Kupang rendah adalah penggunaan model pembelajaran yang belum melibatkan peserta didik secara aktif dan belum menumbuhkan motivasi peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran. Solusi yang ditawarkan atas permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model problem based learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII materi pokok sistem pencernaan pada manusia di SMPN 10 Kupang tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design dengan kelompok pengendali tidak diacak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik pada kelas eksperimen adalah 81,13 dan pada kelas kontrol adalah 70. Berdasarkan standar ketuntasan klasikal menurut SKM yang ditetapkan DEPDIKNAS (≥80%) maka pada kelas eksperimen tuntas dengan nilai 83,87%, sedangkan pada kelas kontrol tidak tuntas dengan nilai 47,28. Nilai hasil belajar kognitif peserta didik setelah diuji menggunakan anacova diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (P<0,05). Hasil pengamatan terhadap aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran, pada kelas eksperimen menunjukan bahwa aktivitas peserta didik yang menonjol adalah aktivitas mengajukan pertanyaan dengan persentase sebesar 17,22% sedangkan pada kelas kontrol aktivitas peserta didik yang menonjol adalah memperhatikan penjelasan guru dengan persentase sebesar 19,91%. Rata-rata skor kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada kelas eksperimen adalah 3,88 yang termasuk dalam kategori sangat baik dan pada kelas kontrol adalah 3,38 yang termasuk dalam kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII materi pokok sistem gerak pada manusia di SMPK Adisucipto Penfui Kupang tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, hasil belajar kognitif , sistem gerak pada manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 19 Mar 2020 04:11
Last Modified: 19 Mar 2020 04:11
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2320

Actions (login required)

View Item View Item