Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Manusia Di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020

HINAN, Rensiana Mulyani (2019) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Manusia Di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (797kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (199kB)

Abstract

Salah satu masalah pokok dalam pembelajaran pendidikan formal saat ini adalah hasil belajar peserta didik rendah. Hal ini ditandai dengan jarangnya peserta didik bertanya ataupun menyanggah pertanyaan yang diajukan, pada saat pendidik menerangkan materi, peserta didik tidak aktif dalam menanyakan materi yang belum jelas sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi tersebut. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik, dan salah satu model adalah discovery learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Kupang materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain “Nonequivalent Control Group Desain”. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020 dan sampelnya adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen yaitu diberikan model discovery learning dan kelas VIIIB. peserta didik kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen yaitu diberikan model discovery learning, sedangkan peserta didik kelas VIIIB sebagai kelas kontrol yaitu diberikan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan tes. Data dianalisis secara deskriptif dan melalui statistik inferensial yaitu melalui anacova. Hasil analisis data menunjukan bahwa: Rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik pada kelas eksperimen adalah 53,90 pada prettest dan meningkat menjadi 74,37 pada posttest. Sedangkan rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik pada kelas kontrol adalah 45,46 pada prettest naik menjadi 61,09 pada posttest. Hasil uji anacova satu arah (one way-anacova) diperoleh nilai probabilitas (sig.) 0,00 lebih kecil dari nilai signifikan yang ditetapkan yaitu 0,05. Dengan demikian Ha yang mengatakan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Kupang materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia tahun ajaran 2019/2020.” diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar Kognitif, Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 19 Mar 2020 05:27
Last Modified: 19 Mar 2020 05:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2322

Actions (login required)

View Item View Item