Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia Di SMP Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2019/2020

NONA, Hendrika (2019) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia Di SMP Angkasa Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa di SMP Angkasa Kupang rendah, yang disebabkan karena kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran. Solusi yang dapat menjawab masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia di SMP Angkasa Kupang tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi ekskperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Angkasa Kupang tahun ajaran 2019/2020, dengan sampel yang dipilih adalah kelas VIII A dan VIII B. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest dan posttest dengan kelompok pengendali tidak diacak. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor hasil belajar peserta didik pada kelas sebelum tes dan sesudah tes dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning masing-masing adalah 34,5 dan 81 sedangkan pada kelas yang menerapkan model pembelajaran langsung yaitu 31,5 dan 72,16. Hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa selama proses pembelajaran, pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa aktivitas siswa yang menonjol adalah memberi respon/menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dengan presentase sebesar 18,17% sedangkan pada kelas kontrol aktivitas peserta didik yang menonjol adalah memperhatikan penjelasan guru dengan presentase sebesar 16,95%. Rata-rata skor kemampuan guru dengan model pembelajaran discovery learning dan pembelajaran langsung diperoleh rata-rata baik. Berdasarkan hasil analisis uji anacova diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,002 yang menunjukkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi pokok sistem ekskresi pada manusia di SMP Angkasa Kupang tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, hasil belajar siswa, sistem ekskresi pada manusia .
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 19 Mar 2020 05:29
Last Modified: 19 Mar 2020 05:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2324

Actions (login required)

View Item View Item