“Uapaya Meningkatkan Kemampuan Mendireksi Pola Birama 4/4 Dalam Lagu Bolelebo Melalui Metode Imitasi Dan Drill Pada Siswa-Siswi Minat Direksi Kelas VII SMPK Kobalima Alas Kabupaten Malaka Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler”

MEO, Ignasisus (2019) “Uapaya Meningkatkan Kemampuan Mendireksi Pola Birama 4/4 Dalam Lagu Bolelebo Melalui Metode Imitasi Dan Drill Pada Siswa-Siswi Minat Direksi Kelas VII SMPK Kobalima Alas Kabupaten Malaka Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler”. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (276kB)

Abstract

Dirigen merupakan orang yang melatih atau memimpin sebuah pertunjukan musik atau koor melalui bahasa isyarat. Dirigen harus diolah dengan hati-hati. Seorang dirigen harus bisa memberikan ltihan teknis dalam mempersiapkan suatu pergelaran sekaligus memberikan penafsiran yang tepat untuk masing-masing lagu yang akan dinyanyikan Berdasarkan uraian pada latar belakang diatas, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah, bagaimana meningkatkan kemampuan mendireksi pola birama 4/4 dalam lagu Bolelebo melalui metode Imitasi dan Drill pada siswa-siswi minat direksi kelas VII SMPK Kobalima Alas Kabuten Malaka sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan mendireksi melalui metode Imitasi dan Drill pada siswa-siswi minat direksi kelas VII SMPK Kobalima Alas Kabupaten Malaka sebagai kegiatan ektrakurikuler. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode tindakan lapangan dengan teknik pengumpulan data, berupa observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan metode Imitasi dan Drill sebagai pembelajaran meningkatkan kemampuan mendireksi pola birama 4/4 dalam lagu Bolelebo melalui metode Imitsi dan Drill pada siswa-siswi minat direksi kelas VII SMPK Kobalima Alas Kabupaten Malaka sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Dilaksanakan dalam 7 kali pertemuan. Dalam proses penelitian ini sebagai berikut : Pertemuan pertama : Kamis 20 Juni 2019, peneliti manyampaikan materi tentang hal-hal teknis menjadi seorang dirigen, dan pola geraka tangan atau aba-aba. Pertemuan kedua : Jumat, 21 Juni 2019, peneliti memperkenalkan teknik dasar mendireksi pola birama 4/4 dengan menghitung sesuai birama. Pertemuan ketiga : Sabtu, 22 Juni 2019, Peneliti peneliti melatih saat memulai lagu dan megakhiri sebuah lagu, secara kelompok dan dilanjutkan dengan secara individu. Pertemuan keempat : Senin, 24 Juni 2019, peneliti melatih mendireksi lagu Hari Merdeka dengan pola birama 4/4. Pertemuan kelima : Selasa, 25 Juni 2019, peneliti memberikan kesempatan kepada siswa-siswi untuk mendireksi lagu Bolelebo dengan pola birama 4/4 secara individu. Pertmuan keenam : Rabu, 26 Juni 2019, siswa-siswi mengulang kembali teknik dasar mendireksi secara keseluruan. Pertemuan ketujuh : Kamis, 27 Juni 2019, pementasan lagu Bolelebo. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa kemampuan mendireksi pola birama 4/4 dalam lagu Bolelebo melalui metode Imitasi dan Drill pada siswa-siswi minat direksi kelas VII SMPK Kobalima Alas Kabupaten Malaka sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Walaupun terdapat kesulitan namun hal tersebut dpat diatasi dengan metode Imitasi dan Drill yaitu, peneliti memberikan contoh dan latihan dengan berulang-ulang bagi siwa-siswi yang mengalami kesulitan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, mendireksi, siswa-siswi SMPK Kobalima Alas Kabupaten Malaka, metode Imitasi dan Drill
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 20 Mar 2020 00:46
Last Modified: 20 Mar 2020 00:46
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2332

Actions (login required)

View Item View Item