Pengaruh Tipe Kepribadian Dan Kemampuan Identifikasi Variabel Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Larutan Penyangga Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Swasta Bina Mandiri Sukabi Tahun Ajaran 2018/2019

HOAR, Maria Susanti (2020) Pengaruh Tipe Kepribadian Dan Kemampuan Identifikasi Variabel Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Larutan Penyangga Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Swasta Bina Mandiri Sukabi Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (38kB)

Abstract

Pendekatan inkuiri terbimbing merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang terpusat pada peserta didik, dimana peserta didik didorong untuk terlibat langsung dalam melakukan inkuiri yakni bertanya, merumuskan permasalahan, melakukan eksperimen, mengumpulkan, menganalisis data, menarik kesimpulan, berdiskusi dan berkomunikasi. Dalam pembelajaran ini, guru tidak berperan sebagai donor pengetahuan melainkan sebagai fasilitator dan pembimbing peserta didik untuk belajar dimana peserta didik dituntut untuk menjadi lebih aktif dalam mencari dan menemukan sendiri materi pelajaran. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah efektifitas materi pokok larutan penyangga dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada siswa kelas XI IPA SMA Swasta Bina Mandiri Sukabi tahun ajaran 2018/2019? (2) Bagaimanakah tipe kepribadian siswa kelas XI IPA SMA Swasta Bina Mandiri Sukabi tahun ajaran 2018/2019? (3) Bagaimanakah kemampuan identifikasi variabel siswa kelas XI IPA SMA Swasta Bina Mandiri Sukabi tahun ajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan antara tipe kepribadian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar materi pokok larutan penyangga dengan menerapkan pendekatan inkuri terbimbing siswa kelas XI IPA SMA Swasta Bina Mandiri Sukabi tahun ajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh antara tipe kepribadian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar materi pokok larutan penyangga dengan menerapkan pendekatan inkuri terbimbing siswa kelas XI IPA SMA Swasta Bina Mandiri Sukabi tahun ajaran 2018/2019? Tujuan utama penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan efektifitas materi pokok larutan penyangga dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing pada siswa kelas XI IPA SMA Swasta Bina Mandiri Sukabi tahun ajaran 2018/2019. (2) Mengetahui tipe kepribadian siswa kelas XI IPA SMA Swasta Bina Mandiri Sukabi tahun ajaran 2018/2019. (3) Mengetahui kemampuan identifikasi variabel siswa kelas XI IPA SMA Swasta Bina Mandiri Sukabi tahun ajaran 2018/2019. (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan antara tipe kepribadian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar materi pokok larutan penyangga dengan menerapkan pendekatan inkuri terbimbing siswa kelas XI IPA SMA Swasta Bina Mandiri Sukabi tahun ajaran 2018/2019. (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh antara tipe kepribadian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar materi pokok larutan penyangga dengan menerapkan pendekatan inkuri terbimbing siswa kelas XI IPA SMA Swasta Bina Mandiri Sukabi tahun ajaran 2018/2019. Dari analisis data diperoleh: (1) Penerapan pendekatan inkuiri terbimbing efektif pada materi pokok larutan penyangga pada siswa kelas XI IPA SMA Swasta Bina Mandiri Sukabi tahun ajaran 2018/2019. (2) Tipe Kepribadian siswa kelas XI IPA SMA Swasta Bina Mandiri Sukabi dengan 10 siswa tipe introvert dan 21 siswa tipe extrovert memiliki nilai rata-rata angket tipe kepribadian sebesar 82,23 termasuk dalam kategori baik. (3) Kemampuan identifikasi variabel siswa kelas XI IPA SMA Swasta Bina Mandiri Sukabi dengan skor rata-rata sebesar 76,3 termasuk kategori sangat baik. (4) Ada hubungan antara tipe kepribadian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar materi pokok larutan penyangga dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing siswa kelas XI IPA SMA Swasta Bina Mandiri Sukabi tahun ajaran 2018/2019 dengan korelasi ganda diperoleh nilai rx1x2y = 0,72. (5) Ada pengaruh antara tipe kepribadian dan kemampuan identifikasi variabel terhadap hasil belajar materi pokok larutan penyangga dengan menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing siswa kelas XI IPA SMA Swasta Bina Mandiri Sukabi tahun ajaran 2018/2019 yang diperoleh dari persamaan garis regresi ganda .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tipe Kepribadian, Kemampuan Identifikasi Variabel, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 20 Mar 2020 01:00
Last Modified: 20 Mar 2020 01:01
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2334

Actions (login required)

View Item View Item