Efektivitas Penerapan Teknik Relaksasi Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Kecemasan Sosial Siswa Di Sekolah

GAGUK, Fransiskus (2019) Efektivitas Penerapan Teknik Relaksasi Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Kecemasan Sosial Siswa Di Sekolah. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (669kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (852kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (40kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan teknik relaksasi dalam konseling kelompok untuk mengurangi kecemasan sosial siswa kelas XI IPS 1 SMAK Sint. Carolus tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian pra-eksperimen one group. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas intrumen pengumpul data adalah angket kecemasan sosial dan instrumen perlakuan adalah pedoman penerapan teknik relaksasi dalam konseling kelompok. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t pada dk=N-2 dengan taraf signifikan 1%. Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai thitung sebesar 9,615 sedangkan nilai ttabel pada dk=N-2 dengan taraf signifikansi 1% sebesar 5,841. Dengan demikian nilai thitung > nilai ttabel, sehingga dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik relaksasi dalam konseling kelompok berpengaruh secara signifikan dalam mengurangi kecemasan sosial pada siswa kelas XI IPS 1 SMAK Sint. Carolus Kupang Tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti memberikan saran kepada: 1). Kepala sekolah selaku penanggung jawab sekolah diharapkan untuk meningkatkan kerjasama dengan semua pihak baik guru BK selaku penanggung jawab dan pelaksana layanan BK, guru mata pelajaran, maupun wali kelas untuk melaksanakan secara intensif kegiatan-kegiatan layanan konseling kelompok dengan teknik relaksasi agar dapat membantu mengurangi kecemasan sosial siswa 2). Guru BK diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan konseling kelompok dengan teknik relaksasi kepada siswa untuk mengurangi kecemasan sosial siswa 3). Wali kelas diharapkan agar lebih berkerja sama dengan guru BK dalam memperhatikan anak walinya yang mengalami masalah kecemasan sosial sehingga bisa dibantu untuk mengatasi masalahnya 4). Siswa diharapkan agar lebih aktif mengikuti kegiatan layanan konseling kelompok dengan teknik relaksasi yang diberikan guru BK di sekolah sehingga dapat mengurangi kecemasan sosialnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 20 Mar 2020 01:10
Last Modified: 20 Mar 2020 01:10
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2335

Actions (login required)

View Item View Item