Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Berdasarkan MKJI 1997

DAYUGI, Yanita Oktabrini (2019) Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Berdasarkan MKJI 1997. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
01. ABSTRAK.pdf

Download (234kB)
[img] Text
02 TA 1.pdf

Download (100kB)
[img] Text
03 TA 2.pdf

Download (396kB)
[img] Text
04 TA 3.pdf

Download (217kB)
[img] Text
05 TA 4 SIAP PRINT DRAF II.pdf

Download (547kB)
[img] Text
TA 06.pdf

Download (435kB)

Abstract

Pekembangan yang pesat dibidang ekonomi, pariwisata dan pertumbuhan penduduk mengakibatkan pertumbuhan jumlah sarana transportasi yang pesat. Tetapi umumnya terjadi ketidak seimbangan antara pertumbuhan sarana dan prasarana transportasi sehingga terjadi peningkatan volume lalu lintas yang tinggi. Volume lalu lintas yang meningkat ini sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi geometrik, dan fasilitas jalan yang ada, dan lebar jalur di persimpangan sudah tidak memadai untuk menampang volume kendaraan yang datang,Penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan data primer berupa jumlah pergerakan kendaraan yang memasuki persimpangan. Pengumpulan data ini dilakukan selama 6 hari pengamatan pada saat jam puncak pagi, siang dan sore dengan interval waktu pengamatan selama 1 jam. Selanjutnya data - data ini digunakan untuk mengetahui karakteristik arus lalu lintas pada persimpangan dan kinerja persimpangan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Hasil analisis karaktersitik dan kinerja lalu lintas pada simpang bersinyal ini didapat dari data arus maksimal pada jam puncak 07.00 – 08.00 dimana pada Pendekat A dengan nilai Q=1304 smp/jam, C=673,94 smp/jam, DS=1,93, QL=242 m. Pada Pendekat B dengan nilai Q=1342,7 smp/jam, C=1447,69 smp/jam, DS=0,91, QL=101 m. Pada Pendekat C dengan nilai Q=934,5 smp/jam, C=489,36 smp/jam, DS=1,91, QL=267 m. Pada Pendekat D dengan nilai Q=1274,3 smp/jam, C=1083,89 smp/jam, DS=1,16, QL=133 m. Sedangkan kinerja yang didapat berada pada tingkat pelayanan yang buruk (F), maka dilakukan simulasi perbaikan untuk meningkatkan kinerja persimpangan, dimana setelah melakukan simulasi perubahan kinerja mengalami peningkatan ke tingkat pelayanan yang baik. Dari penelitian yang dilakukan berdasarkan rasio arus kendaraan yang akan melakukan pergerakan lalu lintas baik itu gerakan menerus, belok kiri, dan belok kanan pada bundaran sangat berpengaruh pada strategi penentuan fase sinyal / waktu siklus yang sangat berguna bagi keamanan dan kenyamanan pada persimpangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Simpang bersinyal, Karakteristik lalu lintas, Kinerja lalu lintas.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 20 Mar 2020 02:03
Last Modified: 20 Mar 2020 02:03
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2337

Actions (login required)

View Item View Item