Implementasi Kebijakan Program Jaminan Kecelakaan Kerja Di PT TASPEN Cabang Kupang

NALLE, Yunni Sherlyn Maryana (2019) Implementasi Kebijakan Program Jaminan Kecelakaan Kerja Di PT TASPEN Cabang Kupang. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (679kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (182kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini, yakni: Bagaimana implementasi program dan Faktor–faktor apa saja yang menghambat pelaksanaan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) di PT TASPEN (PERSERO) Cabang Kupang. Tujuannya adalah untuk meendeskripsikan implementasi program dan mengetahui faktor–faktor apa saja yang menghambat pelaksanaan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) di PT TASPEN ( PERSERO ) Cabang Kupang Landasan Konseptual yang digunakan dalam skripsi berdasarkan kebijakan yang dikemukakan oleh Van Metter dan Van Horn yang akan dikombinasikan dengan konsep Program Jaminan Kecelakaan Kerja di PT TASPEN secara normatif. Untuk memperolah gambaran pelaksanaan Jaminan Kecelakaan Kerja di PT TASPEN (PERSERO),penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer diperoleh secara langsung dari informan, sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui buku-buku, dan dokumen resmi dari Kantor PT TASPEN (PERSERO) Cabang Kupang Hasil peneilitian menunjukkan bahwa sejauh ini pelaksanaan program Jaminan Kecelakaan Kerja di PT TASPEN ada yang sudah berjalan maksimal namun masih banyak juga yang belum berjalan maksimal. Hal ini ditandai dari aspek (1) Ukuranukuran dasar dan tujuan kebijakan tujuan dari program JKK ini yaitu memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan terhadap ASN dalam bekerja sudah baik Namun, tujuan untuk menjangkau seluruh ASN yang ada diwilayah kerja PT TASPEN Cabang Kupang belum sepenuhnya dapat dilaksanakan dikarenakan masih juga sebagaian ASN yang merasa kurangnya informasi. (2) Aspek Sumber daya menunjukan sumber daya keuangan yang langsung diatur dari pusat dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, Sumber daya waktu PT TASPEN belum bekerja secara maksimal dikarenakan faktor internal yaitu lamanya verifikasi dokumen,Sumber Daya Manusia pada kantor ini memang tergolong minim namun itu dapat diatasi/dibantu dengan adanya fasilitas komputer,aplikasi dan sistem berbasis online. (3) Aspek Karakteristik atau sifat badan/instansi pelaksana yakni PT TASPEN sudah sigap dalam menangani peserta JKK. (4) Aspek Komunikasi dalam hal ini sosialiasi serta publikasi sampai dengan koordinasi dengan pihak–pihak terkait (Rumah sakit,Mitra Bayar,Kepolisian,instasi pemberi kerja) belum berjalan maksimal. (5) Disposisi (sikap) pelaksana terhadap program pelaksana JKK ini mereka sudah memiliki pemahaman yang baik dan cukup serta mendukung program ini. (6) Aspek Lingkungan ekonomi, sosial dan politik menunjukan Keterlibatan unsur poilitik dalam implemntasi kebijakan ini Kesimpulan hasil penelitian Implementasi Kebijakan Jaminan Kecelakaan Kerja di PT TASPEN (PERSERO) Cabang Kupang sepenuhnya belum berjalan optimal. Oleh karena itu, penulis menyarankan agar lebih meningkatkan lagi kualitas pegawai dengan memfasilitasi atau memberikan pelatihan untuk menambah pengalaman dan wawasan pegawai dan terus memberikan informasi terkait JKK lewat sosialiasi terhadap ASN disemua wilayah kerja TASPEN

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Impelementasi Kebijakan,Program Jaminan Kecelakaan Kerja
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 20 Mar 2020 02:06
Last Modified: 20 Mar 2020 02:06
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2338

Actions (login required)

View Item View Item