Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Destinasi Pemandian Air Panas Soa Desa Mengeruda Kecamatan Soa Kabupaten Ngada

DADO, Maria Intan Veronika (2019) Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Destinasi Pemandian Air Panas Soa Desa Mengeruda Kecamatan Soa Kabupaten Ngada. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (764kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (220kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan prinsip-prinsip good governance sudah di terapkan di destinasi pemandian air panas SOA dalam upaya meningkatkan pelayanan publik dan Bagaimana proses penerapan prinsip-prinsip good governance di destinasi pemandian air panas SOA. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan penerapan prinsip good governance dalam meningkatkan pelayanan publik di destinasi air panas SOA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis data yang digunakan ilah data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil analisis dari kelima indikator dapat disimpulkan sebagai berikut Pertama, Transparansi adalah prinsip yang menjamin akses atau kebebasan orang dalam memperoleh informasi. Pelayanan yang ada di tempat pemandian air panas tersebut sangat mudah dipahami oleh pengunjung saat melakukan kunjungan di destinasi tersebut. Begitu pula dalam menemukan lokasi tersebut sangat mudah dengan menggunakan GPS hanya saja kendala yang ada ialah kondisi jaringan yang kurang baik. Kedua, Akuntabilitas : berhubungan dengan kewajiban dari institusi pemerintah maupun aparat yang bekerja di dalamnya untuk membuat kebijakan maupun melakukan aksi yang sesuai dengan nilai yang berlaku maupun kebutuhan masyarakat. Disini pemerintah sudah melakukan tugas dan kewajiban mereka dengan baik yaitu bertanggungjawab dalam mengelola destinasi pemandian air panas yang berada di Desa Mengeruda Kecamatan Soa Kabupaten Ngada. Namun ada beberapa hal yang harus di perhatikan lagi ialah sarana dan prasarana. Ketiga, Partisipasi Masyarakat : Setiap orang mempunyai hak untuk ikut terlibat dalam pengambilan keputusan di setiap penyelenggaraan pemerintahan. Keterlibatan dalam pengambilan keputusan dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Namun dalam penyusunan standar pelayanan publik masyarakat tidak dilibatkan, dikarenakan tempat pemandian tersebut sudah ditangani langsung oleh Pemda. Dalam menjaga kondisi lingkungan yang nyaman juga butuh partisipasi pengunjung dan kebersihan di tempat tersebut belum sepenuhnya bersih. Keempat, Supremasi Hukum : Setiap instansi pemerintah mempunyai landasan hukum yang mengatur, sehingga bisa memberikan rasa aman, nyaman dan kepastian hukum bagi setiap pengunjung yang mengunjungi destinasi pemandian tersebut. Kelima, Kesetaraan : Dalam memberikan pelayanan petugas melayani dengan ramah dan tidak melakukan tindakan diskriminatif. Upaya pemerintah dalam merekrut pegawai masih lebih ke kontrak, sehingga pemerintah masih melarang untuk menerima pegawai magang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Prinsip-Prinsip Good Governance, Pelayanan Publik, Destinasi Pemandian Air Panas Soa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 20 Mar 2020 02:13
Last Modified: 20 Mar 2020 02:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2340

Actions (login required)

View Item View Item