Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020

MEA, Febriana Bi’i (2019) Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (256kB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang diduga menyebabkan hasil belajar peserta didik rendah adalah penggunaan model pembelajaran yang belum sepenuhnya melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran dan selama proses kegiatan belajar mengajar di kelas sebagian besar peserta didik tidak aktif dalam menyampaikan pertanyaan atau pendapat. Solusi yang ditawarkan atas permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model inkuiri terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPN 10 Kupang tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design dengan kelompok pengendali tidak diacak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik pada kelas eksperimen adalah 80.16 dan pada kelas kontrol adalah 72.42. Berdasarkan standar ketuntasan klasikal menurut SKM yang ditetapkan DEPDIKNAS (≥80%) maka pada kelas eksperimen tuntas dengan nilai 80.64%, sedangkan pada kelas kontrol tidak tuntas dengan nilai 58.06%. Nilai hasil belajar kognitif peserta didik setelah diuji menggunakan anacova diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (P<0,05). Hasil pengamatan terhadap aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran, pada kelas eksperimen menunjukan bahwa aktivitas peserta didik yang menonjol adalah aktivitas memberi respon/menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan persentase sebesar 18.38 % sedangkan pada kelas kontrol aktivitas peserta didik yang menonjol adalah memperhatikan penjelasan guru dengan persentase sebesar 15.88 %. Rata-rata skor kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada kelas eksperimen adalah 3.77 yang termasuk dalam kategori sangat baik dan pada kelas kontrol adalah 3.37 yang termasuk dalam kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII materi pokok sistem sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPN 10 Kupang tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri terbimbing, hasil belajar kognitif , sistem pencernaan makanan pada manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 20 Mar 2020 04:03
Last Modified: 20 Mar 2020 04:03
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2356

Actions (login required)

View Item View Item