Analisis Penerapan Marketing Mix (4P) Dalam Marketing Politik Kemenangan Paket Firmanmu Pada Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Kupang Tahun 2017

RUDI, Hilarius (2017) Analisis Penerapan Marketing Mix (4P) Dalam Marketing Politik Kemenangan Paket Firmanmu Pada Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Kupang Tahun 2017. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (941kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (697kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (103kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimanakah penerapan marketing mix (4p) dalam marketing politik kemenangan paket firmanmu pada pemilihan walikota dan wakil walikota kupang tahun 2017.Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis penerapan Marketing Mix dalam marketing politik kemenangan paket firmanmu dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kupang tahun 2017. TEORI yang digunakan dalam memecahkan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah konsep Marketing Mix dalam Political Marketing menurutPhilip Neffeneger.Keempat konsep marketing mix tersebut yaitu: pertamaproduct (produk) meliputi: past record /catatan prestasi masa lalu kandidat dan karakteristik kandidat di mata pemilih; kedua place (tempat)meliputi pemanfaatan media (online, elektronik dan cetak) dan penggunaan pamphlet / papan reklame; ketigaprice (harga) meliputi; harga ekonomi, harga psikologis dan harga citra; keempatpromotion (promosi) meliputi: pemanfaatan publikasi (periklanan), personal selling (tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat) dankampanye. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah: data primer yaitu para informan yang telah ditentukan; data sekunder berupa bahan-bahan tertulis yang mencakup undang-undang dan peraturan terkait, serta referensi-referensi yang menjadi panduan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, studi dokumentasi adapun teknik yang digunakan dalam pengolahan data meliputi : editing dan interpretasi. Tahap analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data, menampilkan data, verifikasi data dan mengambil kesimpulan lalu dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1. Produk politik yang dibawa oleh pasangan paket FIRMANMU adalah suatu bagian yang sangat komplit. Karena di dalamnya berisi platform dan latar belakang kandidat yang sangat baik. Komunikasi politik yang dilakukan pasangan paket FIRMANMU jauh sebelum kampanye sudah terbentuk dengan baik, hal ini berdampak terhadap pembentukan Image Jefri Riwu Kore dan Herman Man yang peduli terhadap rakyat kecil; sehingga image tersebut dapat diterima baik oleh masyarakat Kota Kupang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pemilih yang mendukung pasangan paket FIRMANMU.2. Promotion yang dilakukan pasangan paket FIRMANMU sangat beragam dan dilakukan sangat luas salah satu contohnya dengan melibatkan berbagai macam media massa berupa iklan di media Koran, online maupun di radio serta media cetak lainya seperti baliho, stiker dan baju. Selain itu kegiatan promosinya adalah pengerahan masa dalam jumlah besar untuk menghadiri acara kampanye gunaanya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat yang ikut dan hadir untuk memilih pasangan paket FIRMANMU di Pemilihan Walikota dan wakil Walikota Kupang tahun 2017. Cara ini dinilai sangat efektif dalam menarik simpati masyarakat Kota Kupang. 3. Price/Harga politik pasangan paket FIRMANMU telah menghabiskan biaya ekonomi yang cukup besar.Hal ini dapat dilihat dari laporan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye Pasangan Calon Walikota dan wakil Walikota Kupang yang dihimpun oleh KPUD Kota Kupang. Dari data tersebut diketahui bahwa pasangan paket FIRMANMU menghabiskan dana kampanye sebesar Rp. 2.145.000.000. Semantara biaya psikologis dalam marketing politik pasangan paket FIRMANMU ialah terbentuknya citra Jefri R. Kore dan Hermanus Man yang peduli sehingga dapat diterima oleh semua golongan masyarakat Kota Kupang serta juga dari beberbagai etnis yang ada di Kota Kupang. 4. Place/Tempat yang digunakan pasangan paket FIRMANMU terlihat sudah sangat komperhensif, ketika memformulasikan produk politik, menyusun program publikasi kampanye dan komunikasi politik, strategi segmentasi untuk memenuhi kebutuhan lapisan masyarakat sampai ke perhitungan harga sebuah produk politik. Penentuan segmentasi dimuali dari sosialisasi ke tempat-tempat strategis, kampanye doortodoor, sampai pada memetakan berbagai macam lapisan masyarakat. Berdasarkan kesimpulan di atas maka di sarankan agar: 1. Agar pasangan paket FIRMANMU mampu mempertahanakan karakter dan prestasi masa lalu selama menjabat sebagai Walikota dan Wakil Walikota serta dapat merealisasikan semua janji-janji kampanye sebagaimana yang tertuang dalam Visi, Misi dan Program Paket FIRMANMU saat kampanye. 2. Agar pasaangan paket FIRMANMU dapat menjaga keseimbangan dalam menjankan tugas baik sebagai walikota maupun sebagai wakil walikota sehingga tidak terkesan otoriter dan monopoli. 3. Agar pasangan FIRMANMU perbanyak kegiatan blusukan ke masyarakat sehingga terjalin hubungan emosiaonal yang erat dengan masyarakat Kota Kupang.4. Agar kerjasama yang dilakukan oleh partai koalisi pengusung pasangan paket FIRMANMU diharapkan tetap terjaga utuh tidak hanya di dalam masa kampanye saja, namun tetap bekerjasama selama masa bakti pasangan paket FIRMANMU yang menjabat sebagai Walikota dan Wakil Walikota Kupang periode 2017/2022 sehingga peroses pembuatan kebijakan-kebijakan dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Produk, Price, Plece dan Promotion
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
J Political Science > JQ Political institutions Asia
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Osa Yumida
Date Deposited: 20 Mar 2020 05:02
Last Modified: 20 Mar 2020 05:02
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2365

Actions (login required)

View Item View Item