Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelayanan E-Ktp Dikantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Kupang

BIKA, Nuel Adrianus (2018) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelayanan E-Ktp Dikantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Kupang. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (830kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (768kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (215kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi pelayanan E-KTP Dikantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Kupang. Tujuan hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan E-KTP di Kantor Dinas kependudukan dan catatan sipil kota kupang, untuk menjawab persoalan yang di angkat dalam penelitian ini penyusun mengunakan teori menurut kristiadi yakni Stuktur organisasi, Kemampuan aparatur, Sistem pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualititatif, sumber data primer adalah para informan sedangkan data sekunder adalah Pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. tahap anailisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi data lalu dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Aspek Struktur Organisasi didalam setiap pembagian tugas pokok serta fungsi sudah sesuai dengan penempatan kerja sesuai bidang berdasarkan surat keputusan (SK) namun kenyataannya masih terdapat banyaknya aparat yang bekerja belum sesuai dengan tugas serta fungsinya dikarenakan belum memiliki keterampilan serta keahlian dalam mengelolah tugas yang di berikan berdasarkan bidangnya masing-masing. 2) Aspek Kemampuan Aparatur menunjukan bahwa masih perlunya pelatihan serta pengasahan keterampilan dalam setiap pengoprasian pelayanan dikarenakan adanya aparatur yang belum memiliki keterampilan dan kelalihan serta kemampuan dalam penyelesaian pekerjaan tepat waktu sesuai dengan jadwal, hal ini yang menyebabkan salah proses pemberian pelayanan tidak berjalan efektif dan efisien. 3) Sistem Pelayanan dari hasil penelitian menunjukan bahwa permasalahan serta persoalan banyak di temukan pada sistem pelayanan dikarenakan proses pemberian pelayanan belum maksimal sebab banyaknya keluhan dari penerima pelayanan (Masyarakat) yang belum puas terhadap pemberian pelayanan berkaitan dengan prosedur pelayanan dalam ketepatan waktu, kejelasan dalam alur pelayanan, serta sarana-prasarana yang belum memadai. Dengan demikian disimpulkan bahwa dalam pembagian tugas pokok serta fungsinya masih perlunya pembenahan serta kemampuan aparat dalam mengelolah tugas dan fungsi yang diberikan harus sesuai keterampilan dalam bidang tersebut sehingga dalam melaksanakan pelayanan sesuai dengan system pelayanan yang telah ditetapkan. Berdasarkan kesimpulan peneliti memberikan saran pertama bagi pemerintah perlu adanya perhatian khusus bagi aparatur yang belum memiliki keahlian dan keterampilan sesuai dengan tugas serta fungsi pada bidangnya secara berkala. kedua bagi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota kupang perlu melihat dan mendengar keluhan masyarakat, memenuhi permintaan masyarakat dan menyiapkan infrastruktur yang memadai sehingga masyarakat dapat memahami alur pelayanan dan memperoleh kejelasan waktu serta hal hal yang berkaitan dengan pemberian pelayanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan E-KTP, Struktur Organisasi, Kemampuan Aparatur. Sistem Pelayanan, Kota Kupang.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Osa Yumida
Date Deposited: 04 May 2020 03:22
Last Modified: 04 May 2020 03:22
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2371

Actions (login required)

View Item View Item