Analisis Strategi Push Marketing Politik Anggota Legislatif Perempuan Terpilih Dalam Pemilihan Legislatif Periode 2014-2019 Di Dapil III Kabupaten Belu

BOUK, Virginia Apriyaniceta (2018) Analisis Strategi Push Marketing Politik Anggota Legislatif Perempuan Terpilih Dalam Pemilihan Legislatif Periode 2014-2019 Di Dapil III Kabupaten Belu. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (935kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (668kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (233kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah strategi push marketing politik berpengaruh pada pemenangan calon anggota legislative perempuan terpilih dalam memenangkan pemilihan legislative periode 2014-2019 di Dapil III Kabupaten Belu ?.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi push marketing politik yang digunakan anggota legislative perempuan dalam memenangkan pemilihan legislative periode 2014-2019 di Dapil III KabupatenBelu. Marketing politik digunakan dalam memecahkan masalah ini Dengan berpusat pada strategi Push Marketing politik. Strategi Ada 3 Aspek yang berperan penting dalam Push Marketing yakni :Aspek Enlighment (pencerahan), Aspek Entertaining (hiburan), dan Aspek Exciting.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data primer dan data sekunder .Teknik pengumpulan data yang digunakan :wawancara dan dokumentasi. Tahap analisa data dengan cara reduksi data, penyajian data, tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi data lalu dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ;1). Aspek Enlighment (pencerahan) yaitu Keempat caleg menyampaikan visi dan misi kepada masyarakat/pemilih Dengan cara bertemu langsung dan mengacu pada Tri Fungsi DPRD dari partai pengusung serta ada janji-janji politik yang disampaikan kepada masyarakat di Dapil III 2).Aspek Entertaining (Hiburan) yaitu para kandidat ketika melakukan kampanye biasanya memberikan hiburan-hiburan kepada masyarakat berupa tarian local seperti TarianTebe,Likurai dan Bidu 3). Aspek Exciting, yaitu Para kandidat biasanya mengikuti kegiatan-kegiatan bakti social Dengan masyarakat. Kegiatan bakti social yang sering dilakukan berupa pembersihan lingkungan disekitar daerah pilihan, di tempat ibadah, gotong royong memperbaiki jalan rusak, dll. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa aspek enlighment (pencerahan) berupa penyampaian informasi penting berupa visi dan misi sangat berpengaruh pada kemenangan caleg Dalam pemilihan legislatif yang dilakukan di Kabupaten Belu, khususnya di Dapil III. Aspek entertaining atau strategi yang dilakukan oleh kandidat Dengan cara memberikan hiburan berupa tarian-tarian lokal yang ada di daerah masingmasing. Aspek exciting ini melalui strategi door to door atau bertemu langsung dengan masyarakat atau pemilih adalah salah satu strategi yang digunakan oleh para kandidat dalam mensosialisasikan diri, memperkenalkan diri dan meminta dukungan dari masyarakat. Berdasarkan kesimpulan maka disarankan agar Pertama, kepada para calon legislative perempuan agar siap menjadi kader politik mampu memanfaatkan kesempatan, serta dapat memenangkan pemilihan legislatif agar bisa memenuhi kuota 30%. Kedua, kepada partai politik agar mampu menyiapkan kader perempuan untuk menjadi pemimpin serta menyiapkan strategi untuk memenangkan pileg di tahun yang akan datang. Ketiga, kepada masyarakat agar mampu memilih pemimpin yang berintegritas yang mampu mengakoomodir seluruh aspirasi rakyat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: push marketing politik, Caleg perempuan, Pemilu
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Osa Yumida
Date Deposited: 08 May 2020 01:43
Last Modified: 08 May 2020 01:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2380

Actions (login required)

View Item View Item