Peran OMS Bengkel Appek Dalam Melakukan Implementasi Kebijakan Pendidikan Pemerintah Kabupaten Kupang

TUMPUS, Vilibertus A. (2018) Peran OMS Bengkel Appek Dalam Melakukan Implementasi Kebijakan Pendidikan Pemerintah Kabupaten Kupang. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (656kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (237kB)

Abstract

Masalah pokok Sejauh manakah Peran OMS Bengkel APPeK dalam Melakukan Implementasi Kebijakan Pendidikan Pemerintah Kabupaten Kupang. Teori yang digunakan dalam penulisan ini adalah teori implementasi kebijakan yang meliputi tiga aspek yaitu Aspek Organisasi, Interpretasi dan Aplikasi atau Penerapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan sejaumanakah peranan OMS Bengkel APPeK dalam Melakukan Implementasi Kebijakan Pendidikan Pemerintah Kabupaten Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, Penelitian kualitatif berakar pada latar alamiah sebagai keutuhan, mengandalkan manusia sebagai alat penelitian, memanfaatkan metode kualitatif dan mengadakan analisis data secara induktif. Penelitian kualitatif lebih mementingkan proses dari pada hasil, memiliki seperangkat kriteria untuk mengukur keabsahan data melalui kesepakatan antara peneliti dengan subyek yang diteliti. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan data skunder, metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 3 variabel yakni: Aspek Organisasi, Interpretasi dan Aplikasi atau Penerapan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) pada Aspek Organisasi, bahwa proses pembagian tugas di organisasi Bengkel APPeK itu sesuai dengan tugas yang diemban dari divisi-divisi yang telah ditentukan, setiap divisi menjalankan tugasnya dengan baik sehingga sasaran program tercapai. Namun sarana dan prasarana organisasi yang mendukung, diantaranya computer, meja, kursi, gedung, mobil dan lain masih terbatas. (2) Aspek Interpretasi, Pada aspek Interpretasi dapat disimpulkan bahwa Interpretasi ada kaitanya dengan keberhasilan implementasi kebijakan menyangkut pemahaman mendalam tentang tujuan dan sasaran dari suatu kebijakan. Hal yang dapat dilakukan adalah melalui pendekatan langsung serta penyampaian secara langsung kebijakan atau Program Sekolah Aman tersebut kepada sasaran kebijakan atau sekolah-sekolah dampingan dari Bengkel APPeK.(3) Aspek Aplikasi, Proses atau tahap-tahap penyusunan dan perumusan kebijakan sampai kepada kebijakan itu dijalankan demi tercapainya tujuan dan sasaran dari kebijakan itu benar-benar terlaksanakan dengan baik oleh Bengkel APPeK sehingga manfaat dari kebijakan atau Program Sekolah Aman terealisasikan. Manfaat yang dirasakan oleh pihak sekolah dari Program Sekolah Aman ini adalah adanya rehab ruang kelas yang rusak dan kepedulian dari pemerintah untuk lebih memperhatikan sarana dan prasarana pendidikan khususnya di SD Negeri Osiloa Kelurahan Tarus Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa : 1. Aspek Organisasi, adanya pembagian tugas yang jelas sesuai dengan tugas yang diemban pada divisi-divisi di Bengkel Appek. 2. Aspek Interpretasi, adanya pendekatan dan penyampaian secara langsung oleh Bengkel Appek tentang suatu program atau kebijakan kepada kelompok sasaran. 3. Aspek Aplikasi, dalam proses penyusunan dan perumusan kebijakan sampai kepada kebijakan itu dapat terealisasikan sehingga tujuan dan sasaran program tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran OMS, Implementasi Kebijakan dan Pendidikan
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Osa Yumida
Date Deposited: 04 Jun 2020 04:38
Last Modified: 04 Jun 2020 04:38
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2409

Actions (login required)

View Item View Item