Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Ekosistem Di SMP Swasta Elpida Noelbaki Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

SERAN, Demetriana (2018) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Ekosistem Di SMP Swasta Elpida Noelbaki Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
cofer- daftar lampiran.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (111kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerja sama dimana siswa belajar dalam kelompok kecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif dalam penelitian ini diterapkan pada materi pokok Ekosistem. Masalah pokok pada penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok ekosistem di SMP Swasta Elpida Noelbaki Tahun Ajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok ekosistem di SMP Swasta Elpida Noelbaki Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Elpida Noelbaki. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pra eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa perindividu, 88,53 (tuntas) dan secara klasikal, 100% (tuntas). Rarata indikator 0,88 (tuntas), dan 0,49 (sensitif) ≥ 0,30 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 92,25 (baik), skor rarata guru dalam mengelola pembelajaran 18,23 (baik), dan reliabilitas instrumennya 98,69 (baik). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Numbered Heads Together efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi Pokok Ekosistem di SMP Swasta Elpida Noelbaki Tahun ajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: perpustakaan unwira
Date Deposited: 11 Oct 2019 02:59
Last Modified: 11 Oct 2019 02:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item View Item