Efek Menonton Film Kartun Upin Ipin Pada Anak-Anak (Studi Kasus Pada Anak-Anak Kelas IV Dan V SDI Bertingkat Oebobo 2 Kupang)

DEKRISMAR, Mariano Elvis (2018) Efek Menonton Film Kartun Upin Ipin Pada Anak-Anak (Studi Kasus Pada Anak-Anak Kelas IV Dan V SDI Bertingkat Oebobo 2 Kupang). Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (88kB)

Abstract

Alasan penulis mengambil Judul ini karena penulis melihat begitu banyak film kartun yang ditayangkan tetapi film Kartun Upin Ipin sangat mempengaruhi penggunaan Bahasa Melayu dan mempengaruhi pola perilaku sosial anak dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun di rumah. Berdasarkan hal tersebut maka pertayaan dalam penelitian ini adalah bagaimana Efek menonton film kartun Upin Ipin pada Anak-anak kelas IV dan V di SDI Bertingkat Oebobo 2 Kupang. Pada tinjauan pustaka dibahas tentang konsep film kartun, penggunaan Bahasa anak dan perilaku sosial anak-anak. Pada metode penelitan ini, indikator-indikatornya Penggunaan Bahasa berkaitan dengan isi pesan film dan perilaku Sosial berkaitan dengan jalan cerita dan pemeran dalam film.metode yang digunakan metode deskriptif dengan varians studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling untuk mengambil sampel dan Informen berjumlah 10 orang yang benar-benar mengetahui tentang perubahan perilaku pada anak-anak akibat menonton film kartun Upin Ipinserta teknik analisa data yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian di lapangan dapat diketahui bahwa anak-anak kelas IV dan V di SDI Bertingkat Oebobo 2 Kupang menonton film kartun Upin Ipin karena film Upin Ipin yang menarik dengan bahasa Melayu. Ketertarikan informen karena bahasa Melayu yang menarik, lucu dan menghibur. Ada informen yang terpengaruh terhadap pola perilaku sosial anak-anak setelah menonton film Upin Ipin. Akirnya dengan memperhatikan hasil analisis di atas, maka disankan bagi anak-anak seusai sekolah agar kebiasaan menonton film kartun dilakukan pada waktu luang dan untuk parapendidik dan orang tua agar mengarahkan anak-anak pada perilaku yang baik dan selalu mengontrol anak dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Osa Yumida
Date Deposited: 04 Jun 2020 04:34
Last Modified: 04 Jun 2020 04:34
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2411

Actions (login required)

View Item View Item