Meningkatkan Keterampilan Bermain Alat Musik Perkusi Kolaborasi Irama Etnik Lego-Lego Dan Dolo-Dolo Bagi Mahasiswa Minat Musik Semester V Program Studi Pendidikan Sendratasik Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif

BENNY, Felix Randydus (2018) Meningkatkan Keterampilan Bermain Alat Musik Perkusi Kolaborasi Irama Etnik Lego-Lego Dan Dolo-Dolo Bagi Mahasiswa Minat Musik Semester V Program Studi Pendidikan Sendratasik Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (934kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)

Abstract

Realitas yang ada di Program Studi Pendidikan Sendratasik adalah masih kurangnya kemampuan mahasiswa/i untuk mengembangkan keterampilan memainkan perkusi dalam bentuk kolaborasi ritme etnik. Oleh sebab itu, peneliti merumuskan penelitian dengan judul : meningkatkan keterampilan bermain alat musik perkusi kolaborasi irama etnik lego-lego dan dolo-dolo bagi mahasiswa minat musik semester V Program Studi Pendidikan Sendratasik melalui metode pembelajaran kooperatif. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan bermain alat musik perkusi dengan kolaborasi irama etnik lego-lego dan dolo-dolo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran perkusi dengan kolaborasi irama etnik lego-lego dan dolo-dolo bagi mahasiswa minat musik semester V Program Studi Pendidikan Sendratasik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan studi lapangan yakni: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran perkusi bagi mahasiswa minat musik semester V Program Studi Pendidikan Sendratasik dilakukan dalam tahap-tahap yaitu: tahap persiapan materi ajar dan alat-alat musik yang digunakan sebagai media ungkap, tahap perekrutan mahasiswa menjadi subjek penelitian, dan tahap pelaksanaan pembelajaran irama etnik lego-lego dan dolo-dolo dalam bentuk kelompok. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran perkusi mampu meningkatan keterampilan mahasiswa minat musik semester V Program Studi Pendidikan Sendratasik dalam memainkan alat musik perkusi dengan bentuk kolaborasi irama etnik lego-lego dan dolo-dolo dengan baik. Metode pembelajaran kooperatif bermanfaat untuk mempermudah dalam proses pembelajaran secara berkelompok, dan juga diharapkan dapat membantu para pendidik seni dalam memberikan materi kepada peserta didik untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Keterampilan, Perkusi, Kolaborasi,Irama Etnik Lego- Lego;Dolo-Dolo, Metode Kooperatif
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: perpustakaan unwira
Date Deposited: 11 Oct 2019 03:03
Last Modified: 11 Oct 2019 03:03
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/247

Actions (login required)

View Item View Item