Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan Di SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

MALAIKOSA, Riti Henisia (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan Di SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (295kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada diri peserta didik, baik yang menyangkut aspek kognitif,afektif dan psikomotor sebagai hasil dari kegiatan belajar. Berdasarkan observasi yang dilakukan penulis terhadap pelaksanaan kegiatan belajar mengajar Biologi dan diskusi dengan beberapa guru kelas lainnya, diketahui dalam pembelajaran Biologi siswa SMP kelas VII di SMPN 12 Kupang mengalami kesulitan belajar yaitu peserta didik cenderung pasif, kurang percaya diri dalam bertanya atau memberikan pendapat dan kurang antusias dalam mengikuti pelajaran sehingga peserta didik menjadi kurang optimal dalam mengembangkan keterampilan berpikir. Salah satu model pembelajaran yang dapat menjawab permasalahan ini adalah dengan menggunakan penerapan model Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di SMPN 12 Kupang tahun ajaran 2018/2019”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain penelitiannya non equivalent pretest-postets control grup design. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan analisis inferensial dengan analisis kovarian (Anakova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model Problem Based Learning yaitu dari 41 naik menjadi 81 sehingga diperoleh peningkatan nilai sebesar 40. Sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran langsung yaitu dari 38,39 naik menjadi 72,58 sehingga diperoleh peningkatan niai sebesar 34,19 . Selanjutnya data yang telah terkumpul di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik anacova satu arah (one way-anacova) dengan bantuan SPSS versi 16,0. Dari data hasil analisis di atas ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik, hal ini di lihat dari nilai signifikan 0,001< dari nilai signifikan yang telah ditetapkan yaitu 0,05. Dengan demikian H1 yang menyatakan bahwa “ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di SMPN 12 Kupang pada materi pokok sistem gerak pada manusia tahun ajaran 2018/2019 diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pokok pencemaran lingkungan di SMPN 12 Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Problem Based Learning, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 03 Jun 2020 03:58
Last Modified: 03 Jun 2020 03:58
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2480

Actions (login required)

View Item View Item