Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang Tahun Ajaran 2019/2020

MANTOLAS, Raymundus Silvester (2019) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (360kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan dalam suatu pembelajaran. Dalam proses pembelajaran perubahan terhadap aspek-aspek intelektual, emosional atau sikap dan keterampilan akan dapat dilihat dalam bentuk hasil belajar. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di SMPK St.Yoseph Kupang masih terdapat kendala atau masalah dalam proses pembelajaran yang berlangsung. Kemampuan peserta didik dalam hal memahami materi pembelajaran pada mata pelajaran IPA masih rendah. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang. Desain penelitian yang digunakan adalah Non equivalen control group design. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model problem based learning yaitu dari 34,16 naik menjadi 78,33 sehingga diperoleh peningkatan nilai sebesar 44,17. Sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran langsung yaitu dari 34,79 naik menjadi 72,29 peningkatan nilai sebesar 37,5, sedangkan hasil uji anacova satu arah (one way-anacova) diperoleh nilai signifikan yang ditetapkan yaitu 0,05, dengan demikian Ha yang mengatakan “Ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia tahun ajaran 2019/2020”, diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPK St. Yoseph Naikoten Kupang tahun ajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 13 May 2020 01:03
Last Modified: 13 May 2020 01:03
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2488

Actions (login required)

View Item View Item