Analisis Kredit Macet Pada PT. BPR Christa Jaya Perdana Kupang

ADU, Wita (2018) Analisis Kredit Macet Pada PT. BPR Christa Jaya Perdana Kupang. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)

Abstract

Masalah dari kredit macet yaitu tidak dipenuhi ketentuan yang tercantum di dalam perjanjian kredit. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1), Bagaimana tingkat kesehatan pada PT.BPR Crista Jaya Perdana Kupang? (2), Faktor-faktor apa yang menyebabkan terjadinya kredit macet pada PT.BPR Christa Jaya Perdana Kupang? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang menyebabkan terjadinya kredit macet pada PT.BPR Christa Jaya Perdana Kupang. Jenis data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dalam bentuk wawancara kepada karyawan PT. BPR Christa Jaya Perdana Kupang. Data sekunder yaitu data yang bersumber dari PT. BPR Christa Jaya Perdana Kupang berupa data laporan keuangan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis dapat menyimpulkan, (1), Persentase pinjaman/kredit bermasalah pada tahun 2014 sebesar 0,01%, tahun 2015 sebesar 0,04%, tahun 2016 sebesar 0,02%, dan pada tahun 2017 sebesar 0,03%, yang terdiri dari piutang kurang lancar, piutang ragu, dan kredit macet. Apabila dibandingkan dengan persentase batas maksimal kredit bermasalah oleh Bank Indonesia, yaitu sebesar 5%, maka kinerja PT.BPR Christa Jaya Perdana Kupang dapat dikatakan baik. (2), Penyebab terjadinya kredit macet pada PT.BPR Christa Jaya Perdana Kupang di antaranya dari sisi debitur yang dikarenakan usahanya kurang lancar, macet, bahkan bangkrut, dan karakter debiturnya yang kurang, atau dikarenakan jaminan hilang yang menyebabkan debitur tidak membayar. Faktor intern bank dikarenakan human error, kredit fiktif, dan atau kesalahan analisis kredit. Faktor dari pihak lain karena akibat perkembangan teknologi. (3), Kebijakan yang dilakukan oleh PT.BPR Christa Jaya Perdana Kupang dalam menangani kredit macet untuk kredit yang terlambat 1-3 bulan dilakukan pembinaan kepada debitur yang ditangani oleh AO/ marketing yang bersangkutan. Kolektibilitas yaitu kurang lancar, diragukan dan macet yang ditangani oleh supervisor, AO, dan remidial. Dari kolektibilitas tersebut akan digolongkan berdasarkan kondisi nasabah untuk menentukan tindakan penyelesaian kredit bermasalah. Pada kredit dalam status macet dan kemungkinan penyelesaian dalam waktu dekat tidak dapat dilakukan, maka akan dilakukan penghapus bukuan. Disarankan kepada PT.BPR Christa Jaya Perdana Kupang untuk: (1) Meningkatkan kualitas sumber daya manusia,(2) Untuk menghindari terjadinya kredit macet, maka dalam pemberian kredit tetap harus memberikan penilaian yang seksama terhadap watak,(3) Melakukan pembinaan dan menjalin hubungan baik kepada nasabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kredit Macet, piutang, debitur, kolektibilitas.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: toni pitay
Date Deposited: 08 May 2020 04:25
Last Modified: 08 May 2020 04:25
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2524

Actions (login required)

View Item View Item