Upaya Memperkenalkan Tarian Toda Gu Melalui Metode Meniru Dan Drill Pada Mahasiswa Minat Tari Sendratasik Semester II Unwira Kupang Tahun 2017/2018

WELE, Yunita Adelberta Gelo (2018) Upaya Memperkenalkan Tarian Toda Gu Melalui Metode Meniru Dan Drill Pada Mahasiswa Minat Tari Sendratasik Semester II Unwira Kupang Tahun 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (810kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (379kB)

Abstract

Nusa Tenggara Timur (NTT) kaya akan berbagai macam kesenian tradisional, salah satunya adalah seni tari. Nagekeo merupakan salah satu wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang memiliki berbagai etnis dan memiliki unsur nilai tradisional yang tinggi. Hal ini terbukti dengan adanya tarian Toda Gu. Tarian Toda Gu ini merupakan tarian adat Nagekeo yang sering ditampilkan di berbagai acara seperti upacara adat pembuatan dan pemugaran rumah adat (Sa’oWaja) maupun penancapan tiang agung di tengah kampung (Pa Peo), penyambutan tamu penting dan acara budaya. Permasalahan dalam melakukan penelitian ini adalah bagaimana upaya memperkenalkan tarian modifikasi Toda Gu melalui metode meniru dan drill pada mahasiswa minat tari sendratasik semester II Unwira Kupang Tahun 2017/2018. Adapun tujuan dalam penelitian ini adaah untuk mendeskripsikan upaya memperkenalkan tarian modifikasi Toda Gu melalui metode meniru dan drill pada mahasiswa minat tari sendratasik semester II Unwira Kupang tahun 2017/2018. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif, metode yang digenakan adalah tindakan lapangan dan teknik pengumpulan yang digunakan adalah studi pustaka, studi lapangan, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam upaya memperkenalkan tarian modifikasi Toda Gu melalui metode meniru dan drill pada mahasiswa minat tari sendratasik semester II Unwira Kupang tahun 2017/2018 ini dilakukan melalui beberapa tahap. Tahap pertama peneliti menjelaskan tentang sejarah tari Toda Gu, Fungsi Tari Toda Gu, tempat penyajian tari Toda Gu, ragam gerak tarian Toda Gu, alur tarian Toda Gu. Tahap kedua peneliti memperagakan ragam gerak tari Toda Gu. Dalam unsur wiraga, tari ini terdiri dari 9 ragam gerak dan wirama sebagai instrumen terdiri dari 1 gendang dan 2 bambu aur. Unsur wirasa pada tarian Toda Gu ini sebagai ungkapan ekspresi atas penjiwaan dari Toda Gu yang diungkapkan dalam ketangkasan dari para penari. Dengan demikian, dapat disimpulkan baahwa metode meniru dan drill sangatlah efektif dalam pembelajaran tari Toda Gu, dimana metode ini menekankan pada latihan meniru dan berulang-ulang pada saat mahasiswa mengalami kesulitan dalam memperagakan tari Toda Gu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tari Toda Gu, Minat Tari, Menirudan metode Drill, Mahasiswa Semester II Sendratasik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: perpustakaan unwira
Date Deposited: 11 Oct 2019 03:13
Last Modified: 11 Oct 2019 03:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/256

Actions (login required)

View Item View Item