Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Kupang

KOLO, Paula Diana (2018) Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Kupang. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
COVER.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (54kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (35kB)

Abstract

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana persepsi wajib pajak terhadap pengetahuan, kesadaran, kualitas pelayanan publik dan kepatuhan wajib PKB di Kota Kupang ? (2). Apakah pengetahuan wajib pajak, kesadaran wajib pajak, dan kualitas pelayanan publik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib PKB di Kota Kupang? (3). Apakah pengetahuan wajib pajak, kesadaran wajib pajak, dan kualitas pelayanan publik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib PKB di Kota Kupang?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui persepsi wajib pajak terhadap pengetahuan, kesadaran, kualitas pelayanan publik dan kepatuhan wajib PKB di Kota Kupang, (2). Untuk mengetahui pengetahuan wajib pajak, kesadaran wajib pajak, dan kualitas pelayanan publik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan waijb PKB di Kota Kupang, (3). Untuk mengetahui pengetahuan wajib pajak, kesadaran wajib pajak, dan kualitas pelayanan publik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib PKB di Kota Kupang. Populasi dalam penelitian ini adalah 10.302 wajib Pajak Kendaraan Bemotor di Kota Kupang. Sampel dalam penelitian ini ditentukan sebanyak 99 wajib pajak. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama: gambaran kategori persepsi variabel Pengetahuan Wajib Pajak sebesar 35,6% kategori sangat rendah, variabel Kesadaran Wajib Pajak sebesar 33,8% kategori sangat rendah, variabel Kualitas Pelayanan Publik sebesar 46,8% kategori rendah, dan variabel Kepatuhan Wajib Pajak sebesar 71,3% kategori rendah. Kedua: Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Kualitas Pelayanan Publik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan waijb PKB di Kota Kupang. Ketiga: Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Kualitas Pelayanan Publik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib PKB di Kota Kupang. Saran bagi Samsat Kota Kupang, terkait dengan kualitas pelayanan publik: (1). Menyediakan tempat parkir dan kamar kecil (WC) yang memadai, (2). Waktu pelayanan PKB harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku (4). Memberikan sosialisasi atau penyuluhan tentang pajak kepada masyarakat terkhusus wajib pajak yang mempunyai kendaraan bermotor. Sedangkan bagi wajib pajak perlu meningkatkan kesadarannya dengan pemahaman bahwa membayar pajak adalah suatu kewajiban yang harus dipenuhi, tidak menunda-menunda dan selalu memperhatikan jatuh tempo pembayaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Publik, dan Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Tefa Frisca Yolanda
Date Deposited: 15 May 2020 01:52
Last Modified: 15 May 2020 01:52
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2570

Actions (login required)

View Item View Item