Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia Di SMPN 13 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

NIPU, Maria Frice (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia Di SMPN 13 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
File Abstrak.pdf

Download (549kB)
[img] Text
File Bab I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
File Bab II.pdf

Download (164kB)
[img] Text
File Bab III.pdf

Download (177kB)
[img] Text
File Bab IV.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (120kB)

Abstract

Dunia pendidikan menuntut suasana pembelajaran yang dapat mengembangkan potensi diri serta ketrampilan untuk mengaplikasikan pengetahuannya dalam dunia riil yang dihadapinya. Karena itu, paradigma pendidikan kita mulai bergeser dari teacher centered ke student centered. Salah satu model pembelajaran yang dapat menjawab tantangan ini adalah penerapan model discovery learning. Model ini diyakini dapat membelajarkan siswa untuk terlibat aktif secara langsung dalam proses pembelajaran karena siswa akan dibimbing dan dituntut untuk mencari dan menemukan sendiri masalah atau soal yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia Di SMPN 13 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunkan yaitu quasi eksperimen. Desain penelitiannya non equivalent pretest-posttest control group design. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis inferensial, dan analisis of covariance one way dan t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning yakni 80,36 sedangkan pembelajaran langsung 75,89. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa dengan nilai probabilitas (sign.) 0,000 < 0,01. Terdapat perbedaan nilai hasil belajar, pembelajaran discovery learning dan pembelajaran langsung. Dimana untuk pembelajaran discovery learning nilai, thitung > ttabel yaitu 19,739 > 2.485 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,01. Sedangkan untuk pembelajaran langsung, thitung>ttabel yaitu 13,620 > 2,485 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,01. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning dan pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia di SMPN 13 Kupang tahun ajaran 2017/2018, dan ada perbedaan nilai hasil belajar antar dua kelompok belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran discovery learning,Hasil belajar, Materi Pokok Sistem Ekskresi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: perpustakaan unwira
Date Deposited: 11 Oct 2019 03:46
Last Modified: 11 Oct 2019 03:46
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/261

Actions (login required)

View Item View Item