Uji Kemampuan Antibakteri Ekstrak Biji Pinang (Areca Catechul.)Terhadap Pertumbuhan Bakteri Escherichia Coli Secara In Vitro

SEGU DO, Nikodemus (2018) Uji Kemampuan Antibakteri Ekstrak Biji Pinang (Areca Catechul.)Terhadap Pertumbuhan Bakteri Escherichia Coli Secara In Vitro. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (848kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (933kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (935kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (117kB)

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bahwa obat sintetik akan menyebakan resistensi terhadap bakteri patogen dan memiliki efek samping terhadap pengguna. Untuk mengatasinya perlu dicarikan jenis obat baru yang berefek samping rendah dan mempunyai kemampuan untuk mematikan atau menghambat pertumbuhan bakteri. Sumber obat baru yang potensial yaitu bahan alam yang secara tradisonal dipakai oleh masyarakat salah satunya buah pinang yang dipakai untuk menyembuhkan diare. Namun khasiatnya tersebut perlu dibuktikan secara ilmiah dengan melakukan penelitian. Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk membuktikan ada tidaknya kemampuan ekstrak buah pinang (Areca catechu L.) sebagai antibakteri terhadap pertumbuhan bakteriEscherichia coli secara in vitro. Penelitian dilaksanakan di laboratorium mikrobiologi UNWIRA dari tanggal 8 November-30 November 2017. Jenis Penelitian Thrue Experiment, menggunakan The Posttest Only Control Group Design, dengan 4 perlakuan (P1=25%, P2=50%, P3=75%, P4=100%,) dan 1 kontrol. yang diulang sebanyak 3 kali. Data dikumpulkan dengan cara mengukur diameter zona hambat, yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis varians (ANAVA) dan BNT 1%. Hasil penelitian mempelihatkan bahwa ekstrak buah pinang (Areca catechu L.) berkemampuan sebagai antibakteri terhadap pertumbuhan bakteri Escherichia coli yang ditandai dengan Fhitung > Ftabel (44,05 > 7,59) dengan tingkat kepercayaan 99%. Sedangkan hasil uji lanjutan dengan menggunakan BNT 1% menunjukan bahwa konsentrasi 25% dan 50%; 50% dan 75% tidak berbeda nyata sedangkan konsentrasi 25% dan 75%; 50% dan 100%; 25% dan 100% saling berbeda secara nyata. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Ekstrak buah pinang (Areca catechu L.) terbukti berkemampuan sebagai antibakteri terhadap pertumbuhan bakteri Escherichia coli secara in vitro. Bila dibandingkan kemampuan antibakteri antar perlakuan maka perlakuan satu dan dua; dua dan tiga tidak berbeda nyata sedangkan perlakuan satu dan tiga; dua dan empat; satu dan empat saling berbeda secara nyata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ekstrak Buah Pinang (Areca catechu L.), bakteri Escherichia coli Aktivitasantibakteria, In Vitro
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: perpustakaan unwira
Date Deposited: 11 Oct 2019 04:22
Last Modified: 11 Oct 2019 04:22
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/264

Actions (login required)

View Item View Item