Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Fotosintesis Di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

WAYNIRA, Robertus (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Fotosintesis Di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
1. abstrak -daftar lampiran.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (100kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah guru kurang menerapkan variasi strategi dan model pembelajaran yang inovatif, guru lebih suka menggunakan model pembelajaran yang sudah dikuasai. Hal ini berpengaruh terhadap aktivitas dan motivasi siswa yang rendah dan mengakibatkan siswa jenuh dan berdampak pada hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu penulis menawarkan solusi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif merupak model pembelajaran yang dilakukan secara kelompok, siswa dalam satu kelas dijadikan kelompok-kelompok kecil untuk bekerjasama. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok Fotosintesis di SMP Surya Mandala Kupang tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitiannya nonequivalent control group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara dengan statik deskripstif dan inferensial menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualizatin (TAI) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Hal ini dapat dilihat dari perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas yang diterapkan tipe TAI yaitu 79.77, sedangkan kelas yang diterapkan tipe NHT yaitu 75.57. Secara umum, kedua model pembelajaran ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang ditandai dengan hasil analisis uji t yang menunjukkan bahwa pada tipe Team Assisted Individualization (TAI) diperoleh hasil uji thitung > ttabel yaitu 15.163 > 2.042 dan pada tipe Numbered Heads Together (NHT) thitung > ttabel yaitu 13.138 > 2.042 dengan taraf sig. 0.000 < 0.05. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa keas VIII pada materi pokok fotosintesis di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Hal tersebut terlihat dari nilai probabilitas (sign) 0.000 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0.05

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Model pembelajaran kooperatif, Tipe TAI, Tipe NHT, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: perpustakaan unwira
Date Deposited: 11 Oct 2019 04:26
Last Modified: 11 Oct 2019 04:26
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item View Item