Penerapan Teknik Token Economy Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Peningkatan Perhatian Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Studi Deskriptif Kuantitatif, Kelas VIIIK di SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020)

MAUBANU, Agnes (2019) Penerapan Teknik Token Economy Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Peningkatan Perhatian Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Studi Deskriptif Kuantitatif, Kelas VIIIK di SMP Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020). Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTAK.pdf

Download (791kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (955kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (202kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan teknik token economymelalui layanan bimbingankelompok efektif meningkatkan perhatiansiswakelasVIIIKpada mata pelajaran Bahasa Indonesiadi SMP Negeri 4 Kupang, tahun pelajaran 2019/2020?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan teknik token economymelaluilayanan bimbingan kelompok untuk peningkatan perhatian siswa kelasVIIIKpada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 4 Kupang, tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan tipe pra-eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa pedoman observasi, dan panduan pelaksanaan teknik token economymelalui layanan bimbingan kelompok. Teknik analisis data dilakukan secara individual yakni dengan cara mentabulasikan hasil pengukuran penelitian pada tahap baseline 1 (A1),treatmentdanbaseline 2(A2). Peneliti menggambarkannya dalam bentuk grafik. Komponen yang dianalisis meliputi kecendrungan/tren stabilitas perubahan level yang terjadi pada fase baseline 1(A1), treatment dan fase baseline 2 (A2). Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan teknik token economy melalui layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan perhatiansiswakelasVIIIKpada mata pelajaran Bahasa Indonesiadi SMP Negeri 4 Kupang, tahun pelajaran 2019/2020, yang dibuktikan dengan trend stabilitasyang cenderungrendahpada fasebaseline 1 (A1),dan cenderungmeningkatpadafase baseline 2(A2).Berdasarkan hasil penelitian ini,maka peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggidiharapkan tetap mendukung dan memfasilitasi program layanan BK agar dapat dilaksanakan oleh guru BK di sekolah, untuk mengatasi masalah perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia. 2. Guru matapelajaran diharapkan agar secara berkala memberi informasi kepada guru BK tentang siswa yang mengalami masalah perhatian untuk ditindak lanjuti dengan penerapan teknik token economymelalui layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan perhatian siswa di sekolah dalammengikuti pelajaran Bahasa Indonesia. 3. Guru Bimbingan dan Konseling diharapkansecara berkelanjutan melaksanakan teknik token economymelalui layanan bimbingan kelompok untuk peningkatan perhatian siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. 4. Siswa diharapkan lebih aktif dalam mengikuti dan memanfaatkan layanan Bimbingan dan Konselingkhususnya bimbingankelompok dengan teknik token economyuntuk peningkatan perhatian dalam mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 17 Jun 2020 05:24
Last Modified: 17 Jun 2020 05:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2660

Actions (login required)

View Item View Item