Analisis Penerimaan Retribusi Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Oebobo Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur

MADUR, Fransiska Paskalina Dia (2019) Analisis Penerimaan Retribusi Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Oebobo Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (626kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (382kB)

Abstract

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1). Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan Retribusi Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas Oebobo Kota Kupang? (2). Bagaimana cara dari pihak Puskesmas Oebobo Kota Kupang untuk meningkatkan Retribusi Pelayanan Kesehatan? Tujuan penelitian adalah (1). Untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan Retribusi Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas Oebobo Kota Kupang. (2). Untuk mengetahui cara dari pihak Puskesmas Oebobo Kota Kupang untuk meningkatkan RetribusiPelayanan Kesehatan.Jenis data yang digunakan menurut sumber data yaitu data primerdan data sekunder. Data primer yaitu dengan melakukan wawancara dengan Kepala Puskemas Oebobo Kota Kupang.Data sekunder yaitu dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber buku, laporan mengenai data target dan realisasi retribusi pelayanan kesehatan pada Puskesmas Oebobo Kota Kupang, jumah pengunjung, sejarah Puskesmas, Visi dan Misi, struktur organisasi serta tugas dan fungsi. Menurut sifat data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama: bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan retribusi pelayanan kesehatan Puskesmas Oebobo adalah jumlah pengunjung dan kualitas pelayanan. Semakin banyak jumlah pengunjung maka akan semakin mempengaruhi penerimaan retribusi pelayanan kesehatan baik menurun atau meningkan. Sedangkan kualitas pelayanan, dengan kualitas pelayanan yangbaik tentunya anggota masyarakat lainnya akan merasa puas terhadap pelayanan tersebut sehingga dapat meningkatkan penerimaan retribusi.. Kedua: cara pihak Puskesmas Oebobo Kota Kupang meningkatkan penerimaan Retribusi Pelayanan Kesehatan adalah memperhatikan dan berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan.Saran bagi pihak Puskesmas Oebobo Kota Kupang terkait pnerimaan Retribusi Pelayanan Kesehatan: (1). Pihak Puskesmas perlu mengontrol penggunaan kartu Jamkesmas atau BPJS oleh pengunjung sehingga tidakmempengaruhi penurunan penerimaan retribusi pelayanan kesehatan. (2). Pihak Pemerintah dalam hal ini pihak Puskesmas perlu memperhatikan dan berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan seperti menyediakan tempat parkir dan ruang tunggu yang memadai, merekrut petugas parkir untuk mengontrol petugas parkir untuk waktu pelayanan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Retribusi Pelayanan Kesehatan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 03 Jun 2020 05:43
Last Modified: 03 Jun 2020 05:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2665

Actions (login required)

View Item View Item